Holy Tour dengan 15 Bus, Santri Ponpes Fadhlul Fadhlan Penuhi Seluruh Sudut Makam Aulia Demak hingga Jatim

- Minggu, 11 September 2022 | 17:38 WIB
Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan mengadakan holy tour atau ziarah ke makam KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), komplek Ponpes Tebu Ireng, Jombang, Jatim. (foto; dok Ponpes Fadhlul Fadhlan)
Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan mengadakan holy tour atau ziarah ke makam KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), komplek Ponpes Tebu Ireng, Jombang, Jatim. (foto; dok Ponpes Fadhlul Fadhlan)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pondok Pesantren (Ponpes) Fadhlul Fadhlan/PPFF Pesantren Bilingual Berbasis Karakter Salaf) Semarang mengadakan agenda tahunan holy tour ke makam aulia di Demak hingga Jawa Timur (Jatim).

Kegiatan bersama pengasuh PPFF, Dr KH Fadlolan Musyaffa' Lc MA dan Nyai Fenty Hidayah SPd ini berlangsung selama dua hari, 3-4 September 2022, menggunakan 15 unit bus.

Ziarah ke makam para aulia diawali dengan ngalap berkah ke makam aulia Jombang, yaitu pendiri NU yang juga pahlawan nasional, Hadratus Syekh Hasyim Asy’ari dan cucu beliau KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Baca Juga: Asyiknya 6 Zodiak Ini, Dikeroyok Keberuntungan Memboyong Rezeki dan Cuan Spesial, Bisa Beli Mobil Baru, Dung

Gus Dur adalah tokoh muslim Indonesia, seorang kiai besar pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang dan pemimpin partai politik PKB yang menjadi Presiden keempat RI dari tahun 1999 hingga 2001.

Ziarah dilanjutkan ke Madura ke makam Syaikh Kholil Bangkalan, yakni seorang ulama yang sangat masyhur di Madura, merupakan putra dari Kiai Hamim dan cucu dari Kiai Abdul Karim.

Dari Madura perjalanan dilanjutkan menuju makan Sunan Ampel, Sunan Gresik, Sunan Bonang, Jawa Timur, dan diakhiri ke makan Sunan Kalijaga di Demak, Jawa Tengah.

Baca Juga: Bersyukurlah 8 Zodiak Ini, Keberuntungan Nggak Bakal Jauh, Rezeki dan Cuan Mengalir Non Stop

Setelah tiba di Demak seluruh santri dan jamaah membaca tahlil dan doa bersama seperti saat ziarah ke makam para auliya' sebelumnya.

Demak sebagai destinasi terakhir ziarah auliya'.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menyikapi Bencana Alam

Jumat, 2 Desember 2022 | 13:47 WIB

Pitutur: Adoh Tanpa Wangenan Cedak Tanpa Senggolan

Jumat, 2 Desember 2022 | 11:19 WIB

Kiai Mukhlis Lesmana, Karya Tulisnya Tak Terpublikasi

Jumat, 2 Desember 2022 | 10:42 WIB

Passive Income

Kamis, 1 Desember 2022 | 21:52 WIB

Ini Pesan Habib Jafar Al Hadar untuk Generasi Muda

Senin, 28 November 2022 | 22:58 WIB
X