Surah Al Maidah Ayat 48 dengan Latin dan Artinya yang Membahas Al Quran Pembenar Kitab-Kitab Sebelumnya

- Sabtu, 20 Agustus 2022 | 23:55 WIB
Ilustrasi orang tengah membaca doa. (foto; pixabay)
Ilustrasi orang tengah membaca doa. (foto; pixabay)

Suaramerdeka.com - Surah Al Maidah Ayat 48 menjelaskan bahwa Al Qur'an sebagai pembenar kitab-kitab sebelumnya  (Taurat, Zabur, dan Injil).

Surah Al Maidah Ayat 48 menjelaskan bahwa Al Qur'an juga sebagai penjaga kebenaran terhadapnya.

Yang berikutnya Surah Al Maidah Ayat 48 yaitu perintah agar memutuskan suatu perkara mereka menurut aturan yang diturunkan Allah dan janganlah engkau mengikuti hawa nafsu mereka dengan (meninggalkan) kebenaran yang telah datang kepadamu.

Baca Juga: Download Minecraft Dungeons Terbaru, Cek Link Resmi untuk Semua Platform, Bisa Dimainkan Berempat Lho

Pada Surah al Maidah ayat 48 juga disebutkan seandainya Allah menghendaki, niscaya Dia menjadikanmu satu umat (saja).

Akan tetapi, Allah hendak mengujimu tentang karunia yang telah Dia anugerahkan kepadamu, maka berlomba-lombalah dalam berbuat kebaikan.

Kemudian akhir ayat ini menerangkan Hanya kepada Allah kamu semua kembali, lalu Dia memberitahukan kepadamu apa yang selama ini kamu perselisihkan.

Baca Juga: Terseret Dugaan Kasus Suap Penerimaan Mahasiswa Baru, Rektor Unila Ditangkap KPK

Surah Al Maidah turun di kota Madinah sehingga surah tersebut masuk dalam golongan surah Madaniyah, berjumlah 120 ayat, masuk dalam nomer surah ke-5 juz 6 (ayat 1-82) dan juz 7 (ayat 83-120) dalam kitab suci Al Qur'an.

Surah Al Maidah artinya "jamuan hidangan", nama lain dari Surat Al Maidah yaitu al-'Uqud yang berarti "Perjanjian-Perjanjian" dan al-Munqiz yang berarti "Yang Menyelamatkan".

Dikutip dari berbagai sumber,berikut ini adalah Surah al Maidah ayat 48 dengan latin dan artinya yaitu :

Baca Juga: Minecraft Versi Terbaru 1.19.20.02 Resmi Dirilis, Ini Link Download Versi Gratis untuk Android

wa anzalnā ilaikal-kitāba bil-ḥaqqi muṣaddiqal limā baina yadaihi minal-kitābi wa muhaiminan 'alaihi faḥkum bainahum bimā anzalallāhu wa lā tattabi' ahwā`ahum 'ammā jā`aka minal-ḥaqq, likullin ja'alnā mingkum syir'ataw wa min-hājā, walau syā`allāhu laja'alakum ummataw wāḥidataw wa lākil liyabluwakum fī mā ātākum fastabiqul-khairāt, ilallāhi marji'ukum jamī'an fa yunabbi`ukum bimā kuntum fīhi takhtalifụn

Artinya: "Kami telah menurunkan kitab suci (Al-Qur’an) kepadamu (Nabi Muhammad) dengan (membawa) kebenaran sebagai pembenar kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya dan sebagai penjaganya (acuan kebenaran terhadapnya).

Maka, putuskanlah (perkara) mereka menurut aturan yang diturunkan Allah dan janganlah engkau mengikuti hawa nafsu mereka dengan (meninggalkan) kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk setiap umat di antara kamu Kami berikan aturan dan jalan yang terang.

Baca Juga: Tanaman Hias Apa Saja yang Bawa Keberuntungan untuk 12 Shio? Cek Yuk!

Seandainya Allah menghendaki, niscaya Dia menjadikanmu satu umat (saja). Akan tetapi, Allah hendak mengujimu tentang karunia yang telah Dia anugerahkan kepadamu.

Maka, berlomba-lombalah dalam berbuat kebaikan. Hanya kepada Allah kamu semua kembali, lalu Dia memberitahukan kepadamu apa yang selama ini kamu perselisihkan".

Demikianlah Surah Al Maidah Ayat 48 dengan Latin dan Artinya, mohon maaf jika ada kekeliruan dalam penulisan. Semoga bermanfaat.

Editor: Teguh Wirawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pitutur: Gusti Mboten Sare

Jumat, 3 Februari 2023 | 08:22 WIB

KH Mustahal, Sosok Ulama Istiqomah

Jumat, 3 Februari 2023 | 08:16 WIB

Tugas Istri Bernilai Dunia Akhirat

Jumat, 27 Januari 2023 | 06:35 WIB
X