Wirausaha Ala Rasulullah

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 10:25 WIB
Rektor Universitas Dian Nuswantoro UDINUS, Prof Dr Ir H Edi Noersasongko MSc. (suaramerdeka.com/dok)
Rektor Universitas Dian Nuswantoro UDINUS, Prof Dr Ir H Edi Noersasongko MSc. (suaramerdeka.com/dok)

 

RASULULLAH adalah pelaku bisnis  yang sukses. Beliau memiliki usaha yang luas, dan membangun masjid raya dengan hartanya sendiri.

Bermula bisnis menggembala kambing dikala anak dan pada usia 12 tahun, ia diajak berdagang hingga kengeri Syam oleh pamannya, Abu Tholib.

Pada usia 17 tahun, ia sudah dipercaya  penuh pamannya untuk melanjutkan bisnisnya. Di usia 20 tahun sudah menguasai  perdagangan hingga  negri Syam dan sekelilingnya (Irak, Yordania, Bahrain, Suriah dan Yaman).

Bukan sembarang pedagang, beliau bahkan dijuluki sebagai seorang yang terpercaya (Al-Amin). Muhammad Al-Amin, begitu sematan di belakang nama Rasulullah SAW ketika remaja.

Siapapun dagangannya yang dibawa oleh Rasulullah SAW selalu mendapatkan keuntungan secara adil dan jujur.

Saat  menikahi Khadijah, Rasulullah berusia 25 tahun dan pada saat itu Rasulullah memberikan mahar sebesar 20 ekor unta bakrah. Unta-unta yang diberikan Rasulullah merupakan jenis unta yang terbaik dan berkualitas.

Jika unta dengan kualitas terbaik itu diasumsikan seharga Rp 50 juta per ekor, maka mahar  Rasulullah SAW kepada Khadijah kala itu mencapai Rp1 miliar jika dikonversikan ke dalam mata uang Indonesia.

Tentu saja, jumlah ini bukanlah hal yang mudah bagi pemuda seusia tersebut. Itu artinya, sebelum menikahi Khadijah, Rasulullah SAW merupakan pribadi yang benar-benar siap dengan pernikahan.

Kisah hidup Rasulullah tidak akan pernah ada habisnya. Apapun yang melekat di dalam dirinya, akan menjadi sejarah yang selalu dikenang dan menjadi contoh tauladan semua Muslim di dunia.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

2 Doa yang Dapat Diamalkan Agar Cita-Cita Tercapai

Senin, 26 September 2022 | 11:07 WIB

Habib Husein Jafar: Berbeda Agama Itu Tidak Jahat

Minggu, 25 September 2022 | 13:12 WIB

Masjid Raya Baiturrahman

Jumat, 23 September 2022 | 05:00 WIB

Maulid Nabi

Kamis, 22 September 2022 | 23:12 WIB

Nabok Nyilih Tangan

Kamis, 22 September 2022 | 23:08 WIB
X