Surat Al Maidah Ayat 5 dengan Latin dan Artinya, Membahas Tiga Hal yang Halal Bagi Orang Mukmin

- Senin, 15 Agustus 2022 | 21:47 WIB
Ilustrasi orang tengah membaca doa. (foto; pixabay)
Ilustrasi orang tengah membaca doa. (foto; pixabay)

Suaramerdeka.com - Surat Al Maidah Ayat 5 membahas tiga hal yang halal bagi orang mukmin.

Yang pertama yaitu Surat Al Maidah Ayat 5 merupakan perintah untuk memakan makanan yang baik yaitu yang disebutkan pada ayat ke empat Surat Al Maidah Ayat 5.

Yang kedua yaitu pada Surat Al Maidah Ayat 5 adalah halal memakan makanan Ahli kitab, yaitu sembelihan orang-orang Yahudi dan Nasrani karena mereka pada waktu itu mempunyai kepercayaan bahwa haram hukumnya memakan binatang yang disembelih dengan menyebut nama selain Allah.

Baca Juga: Isuzu Digital Experience Hadir untuk Memudahkan Konsumen

Yang berikutnya ketiga yaitu pada Surat Al Maidah Ayat 5 menjelaskan tentang dibolehkannya mengawini perempuan-perempuan merdeka (bukan budak) dan perempuan-perempuan mukmin dan perempuan Ahli Kitab (Yahudi dan Nasrani).

Ringkasnya laki-laki mukmin boleh mengawini perempuan-perempuan Ahli Kitab dengan syarat-syarat yang ditetapkan dalam islam.

Akan tetapi perempuan-perempuan Islam tidak boleh kawin dengan laki-laki Ahli Kitab apalagi dengan laki-laki kafir yang bukan Ahlil Kitab.

Baca Juga: Bergembiralah 5 Zodiak Ini, Diguyur Keberuntungan dengan Datangnya Rezeki dan Cuan, September 2002

Kemudian akhir ayat kelima ini memperingatkan bahwa, barang siapa yang kafir sesudah beriman maka semua amal baik yang pernah dikerjakannnya akan hapus semuanya dan di akhirat termasuk orang yang rugi.

Surat Al Maidah turun di kota Madinah sehingga surah tersebut masuk dalam golongan surat madaniyah, berjumlah 120 ayat, masuk dalam nomer surah ke-5 juz 6 (ayat 1-82) dan juz 7 (ayat 83-120) dalam kitab suci Al Qur'an.

Surat Al Maidah memiliki arti "jamuan hidangan", nama lain dari Surat Al Maidah yaitu al-'Uqud yang berarti "Perjanjian-Perjanjian" dan al-Munqiz yang berarti "Yang Menyelamatkan".

Baca Juga: Lirik Sholawat Ya Rasulullah Salamun Alaik dengan Latin dan Artinya

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini adalah bacaan Surat Al Maidah Ayat 5 dengan latin dan artinya yaitu :

al-yauma uḥilla lakumuṭ-ṭayyibāt, wa ṭa'āmullażīna ụtul-kitāba ḥillul lakum wa ṭa'āmukum ḥillul lahum wal-muḥṣanātu minal-mu`mināti wal-muḥṣanātu minallażīna ụtul-kitāba ming qablikum iżā ātaitumụhunna ujụrahunna muḥṣinīna gaira musāfiḥīna wa lā muttakhiżī akhdān, wa may yakfur bil-īmāni fa qad ḥabiṭa 'amaluhụ wa huwa fil-ākhirati minal-khāsirīn

Artinya: "Pada hari ini dihalalkan bagimu segala (makanan) yang baik. Makanan (sembelihan) Ahlulkitab itu halal bagimu dan makananmu halal (juga) bagi mereka.

Baca Juga: Dampak Implementasi UU Pangan, Indonesia Berhasil dalam Swasembada Beras

(Dihalalkan bagimu menikahi) perempuan-perempuan yang menjaga kehormatan di antara perempuan-perempuan yang beriman dan perempuan-perempuan yang menjaga kehormatan di antara orang-orang yang diberi kitab suci sebelum kamu, apabila kamu membayar maskawin mereka untuk menikahinya, tidak dengan maksud berzina, dan tidak untuk menjadikan (mereka) pasangan gelap (gundik).

Siapa yang kufur setelah beriman, maka sungguh sia-sia amalnya dan di akhirat dia termasuk orang-orang yang rugi."

Demikianlah Surat Al Maidah Ayat 5 dengan Latin dan Artinya, mohon maaf jika ada kekeliruan dalam penulisan. Semoga bermanfaat.

Editor: Teguh Wirawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Surat Al Maidah Ayat 5 dengan Latin dan Artinya

Kamis, 6 Oktober 2022 | 12:12 WIB

Grup Rebana di Jateng Ramaikan Najwa Fest 2022

Rabu, 5 Oktober 2022 | 20:09 WIB

Surah Al Maidah Ayat 48 dengan Latin dan Artinya

Selasa, 4 Oktober 2022 | 14:49 WIB
X