La Tahzan Innallaha Ma'ana, Merupakan Kalimat Penenang dari Nabi Muhammad

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 21:15 WIB
Ilustrasi membaca Al-Quran./ Freepik
Ilustrasi membaca Al-Quran./ Freepik

Suaramerdeka.com - Pada Surah At Taubah Ayat 40 terdapat kalimat La tahzan innallaha ma'ana.

La tahzan innallaha ma'ana merupakan kalimat penenang dari Nabi Muhammad.

La tahzan innallaha ma'ana merupakan ucapan Rasulullah kepada sahabatnya yaitu Abu Bakar Siddiq ketika merasa cemas dan khawatir sebab dikepung rapat-rapat oleh orang-orang Quraisy yang akan membunuhnya.

La tahzan innallaha ma'ana mempunyai arti Janganlah engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita, maka Allah menurunkan ketenangan kepadanya (Nabi Muhammad).

Baca Juga: Kece Abis INi Lima Zodiak yang Super Beruntung Mulai Sabtu Besok Hingga Akhir Bulan Agustus 2022

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini adalah bacaan Surah At Taubah Ayat 40 yang didalamnya terdapat kalimat La tahzan innallaha ma'ana yaitu :

Illa tanshuruuhu faqad nasharahullahu idzakhrajahul-ladziina kafaruu tsaaniyaatsnaini idz humaa fiil ghaari idz yaquulu lishaahibihi laa tahzan innallaha ma'anaa fa-anzalallahu sakiinatahu 'alaihi wa-ai-yadahu bijunuudin lam tarauhaa waja'ala kalimatal-ladziina kafauussufla wakalimatullahi hiyal 'ulya wallahu 'aziizun hakiimun.

Artinya: "Jika kamu tidak menolongnya (Nabi Muhammad), sungguh Allah telah menolongnya, (yaitu) ketika orang-orang kafir mengusirnya (dari Makkah), sedangkan dia salah satu dari dua orang,

ketika keduanya berada dalam gua, ketika dia berkata kepada sahabatnya, “Janganlah engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita.” Maka, Allah menurunkan ketenangan kepadanya (Nabi Muhammad),

memperkuatnya dengan bala tentara (malaikat) yang tidak kamu lihat, dan Dia menjadikan seruan orang-orang kafir itu seruan yang paling rendah. (Sebaliknya,) firman Allah itulah yang paling tinggi. Allah Mahaperkasa lagi Mahabijaksana."

Baca Juga: Kabar Gembira, 6 Zodiak Ini Bakal Untung Besar dan Dapat Mukjizat Emas di Bulan Agustus 2022

Tafsir Quran Surah At Taubah Ayat 40

Jangan pernah menduga kalau Allah dan Rasulullah membutuhkan pertolonganmu untuk mengalahkan musuh-musuh-Nya. Tentu saja tidak.

Karena itu, jika kamu tidak menolongnya, yakni Nabi Muhammad dalam perah Tabuk, sesungguhnya Allah telah menolong dan menguatkan-nya, antara lain menolong beliau ketika orang-orang kafir mengusirnya dari Mekah, sedang saat itu dia salah seorang dari dua orang, yakni beliau hanya ditemani Abu Bakar.

Baca Juga: Lurah Hebat: Kelurahan Bangetayu Wetan Kembangkan Produk Unggulan Rempah

Situasi saat itu benar-benar menegangkan,yaitu ketika keduanya berada dalam gua dan orang-orang kafir ada di sekitarnya, maka ketika itu Allah menguatkan jiwa beliau sehingga dengan penuh keyakinan dia berkata kepada sahabatnya, Abu Bakar, “Jangan engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita dan menolong serta melindungi kita.”

Sebagai bentuk pertolongan Allah, maka Allah menurunkan ketenangan kepadanya, yakni Nabi Muhammad, sehingga mampu menghadapi situasi yang sangat sulit tersebut dan bahkan membantu beliau dengan bala tentara, berupa malaikat-malaikat yang tidak terlihat olehmu,

dan Dia menjadikan seruan orang-orang kafir kepada kedurhakaan dan kemusyrikan itu rendah, sebab usaha mereka untuk mematikan api islam bahkan membunuh Rasulullah ternyata gagal.

Baca Juga: Semarang Concept City Fest 2022: Ruang Temu Bagi Penggiat Perkotaan

Dan bahkan sebaliknya, kalimat Allah, yakni agama Islam, itulah yang tinggi. Demikian ini, karena Allah Mahaperkasa, lagi Mahabijaksana.

Demikianlah pembahasan tentang La Tahzan Innallaha Ma'ana, mohon maaf jika ada kekeliruan pada penulisan. Semoga bermanfaat.

Editor: Teguh Wirawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

2 Doa yang Dapat Diamalkan Agar Cita-Cita Tercapai

Senin, 26 September 2022 | 11:07 WIB

Habib Husein Jafar: Berbeda Agama Itu Tidak Jahat

Minggu, 25 September 2022 | 13:12 WIB

Masjid Raya Baiturrahman

Jumat, 23 September 2022 | 05:00 WIB

Maulid Nabi

Kamis, 22 September 2022 | 23:12 WIB

Nabok Nyilih Tangan

Kamis, 22 September 2022 | 23:08 WIB
X