MTQ dan Syiar Al-Qur’an

- Kamis, 21 Juli 2022 | 22:31 WIB
Agus Fathuddin. (suaramerdeka.com/dok)
Agus Fathuddin. (suaramerdeka.com/dok)

PEMERINTAH Provinsi Jawa Tengah melalui Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ), Jumat (22/7) ini kembali menggelar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ).

Festival Al-Qur’an yang selama dua tahun libur akibat pandemi Covid-19. Kota Semarang sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah ditunjuk menjadi sahibul bait pelaksanaan MTQ XXIX Tingkat Provinsi Jawa Tengah 22-25 Juli 2022.

Upacara pembukaannya tidak tanggung-tanggung, digelar di Lapangan Pancasila, Simpanglima Semarang.

Selain menghadirkan para ahlul Qur’an se-Jawa Tengah mulai dari qari-qariah, hafidz-hafidzah juga mufasir-mufasirah, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Sekda Iswar Aminuddin sebagai ketua panitia menghadirkan Band Ungu dan seribu group penerbang rebana.

Di akhir acara panitia menggelar ‘’Jateng Bershalawat’’ dengan menghadirkan Zahir Mania yang dipimpin Habib Ali Zainal Abidin bin Assegaf dari Pekalongan.

Ingar bingarnya Lapangan Pancasila, Simpanglima mungkin terbayang perhelatan yang sama 43 tahun lalu tepatnya tahun 1979.

Saat itu Simpanglima menjadi saksi sejarah tempat upacara Pembukaan MTQ Nasional.
Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Tengah Dr KH Ahmad Darodji MSi mengakui, dalam MTQ memang ada kontestasi dan kompetisi.

Namun kompetisi dan kontestasi tersebut dalam rangka memilih bibit-bibit terbaik qari-qariah, tilawah, murattal, hafidz-hafidzah, mufasir-mufassirah, syarh Al-Qur’an, fahm Al-Qur’an, karya tulis ilmiah Al-Qur’an jugaa khat kaligrafi Al-Qur’an.


Bibit-bibit terbaik itu akan mewakili provinsi ini untuk maju di tingkat Nasional yang akan digelar di Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Tujuan utama MTQ pasti bukan musabaqah atau perlombaannya. Tetapi syi’ar membumikan Al-Qu’annya. Melalui alunan suara yang merdu dan lagu-lagu yang indah akan menarik orang untuk mengenal Kitab Suci Al-Qur’an.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

Tugas Istri Bernilai Dunia Akhirat

Jumat, 27 Januari 2023 | 06:35 WIB

Pitutur: Gemi, Mastiti dan Ngati-ati

Jumat, 27 Januari 2023 | 06:11 WIB

KH Agus Salim Pembelajar yang Bersahaja

Jumat, 27 Januari 2023 | 06:04 WIB

Aspal Plastik dan Fungsi Kekhalifahan

Jumat, 27 Januari 2023 | 05:48 WIB
X