Kenapa Imlek Identik dengan Warna Merah? Begini Sejarah dan Maknanya

- Selasa, 25 Januari 2022 | 12:33 WIB
Sejarah dan makna kenapa warna merah identik dengan perayaan imlek. (Pixabay)
Sejarah dan makna kenapa warna merah identik dengan perayaan imlek. (Pixabay)

Suaramerdeka.com - Tahun baru Imlek merupakan pergantian tahun dalam kalender China yang dirayakan oleh masyarakat Tionghoa di seluruh dunia.

Imlek lebih dikenal sebagai “Chinese New Year” oleh sebagian masyarakat, namun masyarakat Tionghoa lebih sering menamainya “Guo Nian” atau  “Xin Jia” yang memiliki arti bulan baru.

Tahun baru imlek ini memiliki tradisi yang wajib dijalankan oleh masyarakat Tionghoa, namun tradisi perayaan Tahun Baru Imlek itu sendiri bervariasi dari satu negara ke negara lain.

Selain itu, Imlek juga identik dengan warna merah yang bisa dilihat dari pernak-perniknya, seperti lampion, angpao, pakaian adat, hingga bangunan Kelenteng.

Kenapa Imlek sangat identik dengan warna merah?

Baca Juga: Ini Daftar Peringatan Hari Besar Nasional dan Internasional Bulan Februari Tahun 2022

Menurut kepercayaan Tionghoa seperti dilansir dari YouTube Ayo Channel Indonesia, konon, warna merah itu selain melambangkan keberuntungan dan kesejahteraan, ternyata ada kisah di balik warna merah itu.

Selain itu, warna merah ternyata ada kaitannya dengan legenda Nian, sosok monster yang selalu datang saat tiba perayaan Tahun Baru Imlek.

Menurut cerita, monster Nian ini selalu datang pas perayaan Tahun baru Imlek untuk menyerang warga desa, memakan hasil panen, hewan ternak, dan anak-anak.

Sosok Nian ini, berwujud setengah banteng dan setengah singa, namun masih memiliki kelemahannya, yaitu takut api, suara berisik, dan takut melihat warna merah.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Umrah Pascapandemi Covid-19

Jumat, 20 Mei 2022 | 11:05 WIB
X