Dakwah Bilhal Kiai Kholil bin Mahalli Benda

- Jumat, 7 Januari 2022 | 04:43 WIB
Kiai Kholil bin Mahalli Benda
Kiai Kholil bin Mahalli Benda

suaramerdeka.com - Di tengah masa kolonial yang panjang di bawah pemerintahan Belanda, kira-kira tahun 1892, hati Mbah Mahalli dan Nyai Mahalli berbunga-bunga atas kelahiran buah hati mereka berdua.

Buah hati itu kemudian diberikan nama Kholil dengan harapan kelak dapat membuat perubahan baru di tanah kelahirannya, yakni desa Benda Sirampog Brebes, dimana pada saat itu suasana masyarakat di sana masih terkungkung oleh kebodohan dalam bidang agama.

Kholil adalah salah satu dari lima bersaudara. Sedari kecil, Kholil masyhur dengan sikapnya yang sabar dan tidak banyak bicara.

Tercatat, Kholil remaja sudah berkelana ke Pesantren Dondong, Mangkang Kulon, Tugu, Semarang. Kepada Kiai Syafi’i Piyoronegoro, pendiri Pesantren Dondong, Kholil banyak belajar ilmu agama.

Baca Juga: Mahram Pada Perjalanan Perempuan

Tidak cukup di satu pesantren saja, demi melepaskan dahaga ilmunya, Kholil rela pergi ke salah satu pondok kuno di Sindanglaut demi melanjutkan pengembaraan keilmuannya.

Sewaktu belajar, orang-orang mengenal Kholil sebagai penuntut ilmu yang ulet dan tekun. Sebagai bukti, tak ada selembar pun dari bukunya yang luput dari sentuhan tintanya.

Kholil berpendirian, semakin banyak lembaran buku yang dipenuhi tinta, akan semakin terang hatinya (jawa: petenge tulisan iku padange ati). Tak pelak, jika Kholil menguasai berbagai bidang ilmu keagamaan seperti fikih, nahwu, sharaf,‘arudh, dan lain-lain.

Tahun 1911, setelah menyusuri petualangan yang panjang dalam menimba ilmu, Kholil kemudian kembali ke kampung halamannya, pelan-pelan ia mencerahkan dan menyelamatkan umat dari kebodohan dengan menggelar pengajian di desa Benda dan sekitarnya.

Berkat keluasan ilmu dan keluhuran budi pekerti yang dimiliki Kholil, walhasil masyarakat menyematkan gelar "kiai" padanya.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Umrah Pascapandemi Covid-19

Jumat, 20 Mei 2022 | 11:05 WIB
X