Mahkota untuk Orang Tua

- Kamis, 23 Desember 2021 | 22:25 WIB
Prof Dr Hj Sri Suhanjati
Prof Dr Hj Sri Suhanjati

suaramerdeka.com - Setiap anak ingin mempersembahkan sesuatu yang paling baik bagi orangtuanya. Namun banyak anak yang belum tahu jalan yang harus ditempuh untuk dapat membahagiakan orang tuanya.

Dan hampir semua orang tua akan merasakan kebahagiaan, manakala anaknya hidup di jalan yang benar. Oleh karena itu, orang tua selalu ingin menuntun dan membimbing anaknya ke arah kebaikan.

Sehingga mampu menghadapi suka dan duka kehidupan dengan tetap berada dalam jalan yang diridloi Allah.

Mulai anak masih kecil, sampai sudah berumah tangga, tak henti-hentinya orang tua selalu mengingatkan anak untuk berpegang teguh pada norma agama maupun masyarakat.

Terbatasnya usia manusia, tidak menghalangi seseorang untuk tetap mendapatkan nasehat meskipun orang tua sudah tiada.

Petunjuk atau nasehat agar dapat menjalani kehidupan ini dengan bahagia, telah diberikan oleh Allah melalui kitab suci Al Qur’an.

Betapa indah dan halusnya nasehat yang disampaikan Allah bagi manusia. Terkadang melalui kisah-kisah yang dapat difahami dengan mudah oleh manusia.

Namun ada pula yang perlu perenungan untuk menangkap tuntunan yang terkandung dalam kisah. Manusia terkadang perlu belajar pula dari kehidupan binatang seperti semut.

Bagaimana sikap semut ketika bertemu dengan sesamanya, mereka akan berhenti sebentar seakan mengucapkan salam atau menanyakan kabar satu dengan lainnya.

Semut juga punya solidaritas sosial yang tinggi. Ketika ada yang menemukan makanan, maka mereka akan memberitahu sesamanya untuk bergabung menikmati makanan tersebut.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Umrah Pascapandemi Covid-19

Jumat, 20 Mei 2022 | 11:05 WIB
X