Harapan untuk LPTQ Jateng

- Kamis, 18 November 2021 | 20:11 WIB
Agus Fathuddin Yusuf. (suaramerdeka.com / dok)
Agus Fathuddin Yusuf. (suaramerdeka.com / dok)

 

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pekan lalu Gubernur Ganjar Pranowo mengukuhkan Pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Jawa Tengah periode 2021-2026. Melalui Surat Keputusan Nomor 450/83 tahun 2021 tanggal 29 September 2021 gubernur merombak total pengurus LPTQ.

Ketua Umum LPTQ Jateng yang selama ini dijabat oleh Kepala Kanwil Kemenag Jateng dalam SK terbaru tersebut Ketua Umum dijabat Wakil Gubernur Jateng H Taj Yasin Maimoen.

Ketua I,II dan III Kepala Kanwil Kemenag Jateng H Musta’in Ahmad, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jateng KH Ahmad Darodji dan Kepala Biro Kesra Pemrpov Jateng H Imam Masykur. Sekretaris Umum LPTQ dijabat oleh Kepala Bidang Penerangan Agama Islam, Zakat dan Wakaf pada Kanwil Kemenag Jateng H Afif Mundzir.

Baca Juga: Jangan Asal Pilih Bedak untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat, Ini Tipsnya

Bila dibaca perubahan struktur pimpinan dari Kementerian Agama ke Pemerintah Provinsi (Pemprov), ada semangat dan keseriusan dari Gubernur Jateng, Wakil Gubernur, Sekretaris Daerah, Kepala Biro Kesra dan instansi terkait untuk lebih meningkatkan pembinaan qari-qariah, hafidz-hafidzah dan mufasir-mufasirah, terutama dari sudut dukungan anggaran.

Wakil Gubernur Jawa Tengah Gus Taj Yasin Maimoen pernah pernah mengungkapkan rasa geregetan-nya perihal prestasi provinsi ini dalam event-event musabaqah di tingkat nasional.

‘’Jawa Tengah ini pusatnya sanad Al-Quran. Bicara ilmu Al-Quran, ya di Demak dan Kudus. Tapi di event Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) posisinya di bawah provinsi lain bahkan dari Papua Barat,’’ kata Gus Yasin.

Barangkali berangkat dari keprihatinan tersebut kemudian gubernur melakukan perombakan pengurus dari kementerian agama ke Pemprov Jawa Tengah. Tetapi fungsi administrasi kesekretariatan LPTQ masih berada di Kementerian Agama.

Baca Juga: Memahami Makna Aurat

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lirik Sholawat Huwannur dengan Latin dan Artinya

Jumat, 30 September 2022 | 11:39 WIB

Meneladani Keluarga Nabi

Jumat, 30 September 2022 | 10:12 WIB

Pitutur: Sekti Tanpa Aji-aji

Jumat, 30 September 2022 | 09:44 WIB

Strategi “Perang” Rasulullah dalam Berbisnis

Jumat, 30 September 2022 | 08:26 WIB

Sholawat Robbahu Inna Munaya dengan Latin dan Artinya

Kamis, 29 September 2022 | 13:47 WIB

Amalkan, 5 Doa Mujarab untuk Meminta Jodoh Terbaik

Kamis, 29 September 2022 | 12:10 WIB
X