Memahami Makna Aurat

- Kamis, 18 November 2021 | 19:42 WIB
Dr Hj Arikhah, Pengurus MUI Provinsi Jateng. (suaramerdeka.com/dok)
Dr Hj Arikhah, Pengurus MUI Provinsi Jateng. (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Perbincangan tentang aurat seringkali dipahami sebagai batas-batas bagian tubuh yang tidak boleh terlihat oleh pihak lain, terkait dengan pakaian dan tidak jarang fokus pembicaraannya kepada perempuan (saja), yang kemudian melebar kepada simpulan pembatasan ruang gerak kepada perempuan.

Diskursus semacam ini kemudian mengerucut pada pemahaman bahwa perempuan tidak baik (tidak boleh) beraktifitas diruang publik. Arti kata aurat secara bahasa sangatlah beragam.

Jika ditelusuri secara etimologis, kata aurat berasal dari bahasa Arab yang terambil dari kata 'ar yang berarti menyebabkan bermata satu dan merusakkan.Dalam bentuk tsulasi mazid menjadi 'iwara yang berarti tampak, muncul, kelihatan auratnya, jelek tingkah lakuknya, cela, aib (Ahmad Warson Al Munawwir, Al Munawwir Kamus Arab Indonesia, 1977: 984).

Baca Juga: Konsumsi Racun Katak, Mike Tyson Meninggal Beberapa Saat

Sedangkan secara istilah, yang paling populer adalah istilah parafuqaha yang mengatakan aurat adalah bagian tubuh yang harus ditutupi dan tidak boleh terlihat dari pandangan-pandangan yang tidakboleh melihatnya, dan bagian yang harus ditutupi ketika shalat.

Sejalan dengan hal ini sebagaimana dapat ditemukan dalam Syarah Fathal Qarib yaitu sesuatu yang wajib ditutup dan haram untuk dilihat, baik selama shalat maupun diluar shalatDalam Alquran banyak ditemukan kata aurat, surat al Ahzab ayat 13 misalnya: Dan (ingatlah) ketika segolongan di antara mreka berkata: "Hai penduduk Yatsrib (Madinah), tidak ada tempat bagimu, maka kembalilah kamu".

Dan sebagian dari mereka minta izin kepadaNabi (untuk kembali pulang) dengan berkata: "Sesungguhnya rumah-rumah kami terbuka (tidak ada penjaga)".

Dan rumah-rumah itu sekali-kali tidak terbuka, mereka tidak lain hanya hendak lari.

Baca Juga: Ayah Bibi Ardiansyah Resmi Jadi Wali Gala Sky, Anak Vanessa Angel

Dalam ayat ini, aurat diartikan sebagai sesuatu yang mudah diserang musuh suatu kaum atau bangsa dan dijadikan alat untuk menghancurkan keseluruhan kaum atau bangsa tersebut.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

2 Doa yang Dapat Diamalkan Agar Cita-Cita Tercapai

Senin, 26 September 2022 | 11:07 WIB

Habib Husein Jafar: Berbeda Agama Itu Tidak Jahat

Minggu, 25 September 2022 | 13:12 WIB

Masjid Raya Baiturrahman

Jumat, 23 September 2022 | 05:00 WIB

Maulid Nabi

Kamis, 22 September 2022 | 23:12 WIB

Nabok Nyilih Tangan

Kamis, 22 September 2022 | 23:08 WIB
X