Teladan Suci Keluarga Rasullah SAW

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 23:28 WIB
Dr. Hj. Umul Baroroh, M.Ag., Sekretaris MUI Jawa Tengah. (suaramerdeka.com / dok)
Dr. Hj. Umul Baroroh, M.Ag., Sekretaris MUI Jawa Tengah. (suaramerdeka.com / dok)

suaramerdeka.com - Bulan Rabiul awwal merupakan bulan mulia karena pada bulan tersebut, lima belas abad yang lalu, telah lahir Sang Khatamul anbiya’  (QS 33:40) atau penghulu semua Nabi, yang menjadi rahmat seluruh alam, rahmatan lil’alamin (QS 21:107), dan menjadi panutan kita umat Islam, uswatun hasanah (QS 33:21).

Karena itu, umat Islam di seluruh dunia bergembira memperingati hari kelahiran Nabiyullah Muhammad SAW.

Hal terpenting dari hikmah memperingati kelahiran tersebut adalah dapat mengambil suri tauladan dari semua perilaku dan akhlak beliau, baik dalam kedudukannya sebagai pemimpin masyarakat, imam dalam ibadah, dan kepala keluarga. 

Bapak ibu dan pembaca yang Budiman, Kanjeng Nabi Muhammad merupakan seorang teladan yang nyata bagaimana hidup bersama dan bersikap terhadap keluarganya. Karena itu, kita harus berusaha mengetahui apa saja yang dilakukan, cara bergaul terhadap istri atau istri-istrinya dan putra-putri, menantu, dan cucu-cucu beliau.

Semua itu dapat kita gali dalam dari sirah Nabi, yang bersumber dari ayat-ayat al-Qur’an, hadits-hadits, yang telah ditulis oleh para ulama ahli tarih yang sampai kepada kita saat ini. Sirah tersebut disusun dalam bentuk karya ilmiah, esai/prosa, maupun syair.

Sebagai contoh, bagaimana Nabi bergaul dengan istrinya tercinta telah digambarkan dalam sebuah lagu yang baru-baru ini ngetrend, yakni lagu ‘Aisyah, salah satu istri beliau.

Lagu tersebut mengisahkan bagaimana harmonisnya keluarga Rasulullah. Syair lagu itu ditulis berdasarkan sejarah Nabi sebagai teladan ummat Islam dalam beruhungan dengan keluarganya.

Kehidupan yang harmonis dalam keluarga Rasul harus kita tiru untuk membentuk keluarga Sakinah, mawaddah wa rahmah, bahagia dan selamat fiddunya wal akhirah.

Secara keseluruhan, perilaku Rasulullah merupakan pengejawantahan dari ajaran akhlaqul karimah sehingga digambarkan oleh ‘Aisyah kaana huluquhu al-Qur’an, akhlaq beliau adalah al-Qur’an (HR Muslim).

Semua ajaran yang diajarkan dalam al-Qur’an diwujudkan dalam diri Rasulullah,  Al-Qur’an yang hidup.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Doa Nabi Adam AS, Memohon Ampunan kepada Allah SWT

Sabtu, 4 Desember 2021 | 19:06 WIB

Selektif Memilih Pengurus

Kamis, 2 Desember 2021 | 21:09 WIB

Komunikasi Jadi Pilar Kebahagiaan Keluarga

Kamis, 2 Desember 2021 | 21:01 WIB

Bungah Sajeroning Susah, Susah Sajeroning Bungah

Kamis, 2 Desember 2021 | 20:54 WIB

Ini Keutamaan Membaca Tasbih dan Tahmid

Kamis, 2 Desember 2021 | 07:08 WIB

Ini Manfaat Dahsyat dari Membaca Doa Sebelum Tidur

Senin, 29 November 2021 | 17:04 WIB
X