Pesantren Agen Perjuangan Kelas

- Kamis, 23 September 2021 | 22:15 WIB
Mohammad Roqib. (suaramerdeka.com)
Mohammad Roqib. (suaramerdeka.com)

Oleh Mohammad Roqib*

suaramerdeka.com - Bayangan masa lalu saat saya di pesantren yang serba sederhana, mandiri, dan militan terasakan kembali teringat saat saya mendapatkan kiriman file dan berita di Suara Merdeka tentang Peraturan Presiden (Perpres) nomor 82 tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren telah ditandatangani Presiden RI.

Hati ini terasa berbunga-bunga seakan kemudahan dan jalan lapang untuk pengembangan pesantren ke depan semakin meyakinkan.

Berbagai pikiran ada dalam benak saya berkecamuk antara syukur yang dominan dan rasa khawatir pertanda kehati-hatian.

Bersyukur karena pertama, dengan perpres ini secara politik pengakuan negara semakin menguat terhadap peran serta pesantren yang secara historis telah berkiprah semenjak Islam dikenal di nusantara dan telah menjadi lembaga pendidikan satu-satunya untuk menyiapkan kader-kader intelektual dan pemimpin Muslim di masa sebelum politik etik diterapkan oleh Belanda di Indonesia dengan mendirikan lembaga pendidikan dalam bentuk sekolah.

Perpres ini juga menunjukkan bukti bahwa eksistensi alumni pesantren semakin mendapatkan tempat di pemerintahan sekaligus pengakuan spesial di masyarakat.

Eksistensi alumni pesantren telah masuk ke berbagai ruang dan lini baik politik, profesional, maupun pemberdayaan publik lainnya.

Fenomena peran alumni (atau jebolan pesantren, untuk menyebut yang tidak lulus pesantren karena hanya mengikuti program khusus seperti liburan atau Romadlon) telah mampu meyakinkan semua pihak akan peran dan kesaktian pesantren.

Apresiasi yang tinggi layak disampaikan kepada person-individu dan/atau komunitas (politik) yang terlibat untuk proses perpres ini.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

Lirik Sholawat Huwannur dengan Latin dan Artinya

Jumat, 30 September 2022 | 11:39 WIB

Meneladani Keluarga Nabi

Jumat, 30 September 2022 | 10:12 WIB

Pitutur: Sekti Tanpa Aji-aji

Jumat, 30 September 2022 | 09:44 WIB

Strategi “Perang” Rasulullah dalam Berbisnis

Jumat, 30 September 2022 | 08:26 WIB

Sholawat Robbahu Inna Munaya dengan Latin dan Artinya

Kamis, 29 September 2022 | 13:47 WIB

Amalkan, 5 Doa Mujarab untuk Meminta Jodoh Terbaik

Kamis, 29 September 2022 | 12:10 WIB
X