Kiai dan Santri Punya Ikatan Batin Kuat

- Minggu, 12 September 2021 | 20:05 WIB
Pengasuh Ponpes AlHikmah-1 Sirampog Brebes KH Labib Shodiq Suhaimi saat menyampaikan tausiah Haul Ke-10 KH Masruri Mughni dan 100 Hari Wafatnya KH Shodiq Bin Suhaimi di Ponpes Misbahul Falah; Cabang Al Falah Tinggarjaya Jatilawang, Banyumas. (SM/Agus Fathuddin)
Pengasuh Ponpes AlHikmah-1 Sirampog Brebes KH Labib Shodiq Suhaimi saat menyampaikan tausiah Haul Ke-10 KH Masruri Mughni dan 100 Hari Wafatnya KH Shodiq Bin Suhaimi di Ponpes Misbahul Falah; Cabang Al Falah Tinggarjaya Jatilawang, Banyumas. (SM/Agus Fathuddin)

BANYUMAS, suaramerdeka.com - Pengasuh Pondok Pesantren AlHikmah-1, Benda, Sirampog, Brebes KH Labib Shodiq Suhaimi mengatakan, hubungan emosional antara kiai dan santri selalu mempunyai ikatan batin yang sangat kuat.

‘’Meski mereka tidak berada di pondok pesantren lagi, sudah berubah tangga dan berkiprah di masyarakat dengan berbagai profesi, tetapi sanad keilmuan mereka tetap tersambung sampai kapanpun. Karena itu agar ilmu kalian barokah, sebarluaskan ilmu agama dan jaga tali silaturahmi,’’ tegas Gus Labib.

Dia mengatakan hal itu di depan ratusan ratusan alumni Himpunan Santri Banyumas (HISBAN) dan Alumni Pondok Pesantren Al Hikmah Benda, Sirampog dalam acara peringatan Haul Ke-10 wafatnya KH Mohammad Masruri Bin Abdul Mughni dan Peringatan 100 hari wafatnya KH Shodiq Bin Suhaimi di Pondok Pesantren Misbahul Falah; Cabang Pondok Pesantren Al Falah Tinggarjaya Jatilawang, Banyumas, belum lama ini.

Baca Juga: Liga Italia: Inter MIlan Ditahan Imbang Sampdoria 2-2

Hadir pada kesempatan itu Pengasuh Pondok Pesantren Al Falah KH Ahmad Shobri, KH Abdu Munif dan Pengasuh Pondok Pesantren Misbahul Falah; Cabang Pondok Pesantren Al Falah, KH Maulana Ahmad Hasan MPd.

Dalam tausiahnya, KH Labib Shodiq Suhaimi berpesan kepada para santri agar selalu takdzim dan mengormati para kiai. ‘’Agar mendapat ilmu barokah jangan pernah menyepelekan nasihat kiai,’’ tegasnya.

Seluruh alumni santri pondok pesantren Al Hikmah Benda juga diminta terus menyebarkan ilmu agama yang telah diperolehnya kepada masyarakat.
 
Sebab, dengan menyebarkan kembali ilmu agama, para alumni telah mengamalkan ilmunya dan ikut meneruskan perjuangan para pendiri Pondok Pesantren Al Hikmah Benda dalam mendidik, mengajar dan membina umat.

"Kalau anda masih mengaku Al Hikmah (itu) pondok sampean. Saya berpesan kepada seluruh alumni untuk terus menyebarluaskan ilmu-ilmu kiai (ilmu yang didapatkan di Pondok Pesantren Al Hikmah Benda) dan itulah yang akan menjadi ridha para kiai dan itu pasti ilmunya barokah," kata Gus Labib Shodiq.

Baca Juga: Update Covid 12 September: Pasien Sembuh Covid-19 di Indonesia Capai 3.918.753 Orang

Barokah Kiai

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Suka Marah-marah? Begini Cara Meredamnya

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 23:25 WIB

Ini 8 Nama Neraka dan Kriteria Calon Penghuninya

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 17:53 WIB

Mengenal Puasa Daud, Ini Dia Keutamaannya

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 06:29 WIB

Teladan Suci Keluarga Rasullah SAW

Kamis, 21 Oktober 2021 | 23:28 WIB

Mumpung Padang Rembulane, Mumpung Jembar Kalangane

Kamis, 21 Oktober 2021 | 23:22 WIB

Penjalin Rotan Kiai Imam Sarang

Kamis, 21 Oktober 2021 | 23:17 WIB

Transformasi Digital Pesantren

Kamis, 21 Oktober 2021 | 23:10 WIB
X