Honor Guru Honorer Harus Tepat Sasaran

- Rabu, 28 November 2018 | 20:54 WIB
Komisi I DPRD Kota Tegal menggelar rapat kerja pembahan anggaran bidang pendidikan. (suaramerdeka.com/Wawan Hudiyanto)
Komisi I DPRD Kota Tegal menggelar rapat kerja pembahan anggaran bidang pendidikan. (suaramerdeka.com/Wawan Hudiyanto)

TEGAL, suaramerdeka.com - Komisi I DPRD Kota Tegal meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) memverifikasi data guru honorer di sekolah negeri, menyusul telah disetujuinya kenaikan anggaran kesejahteraan bagi para guru honorer di sekolah negeri. Yakni, SD dan SMP negeri di Kota Tegal.  

Menurut anggota Komisi I DPRD, Sisdiono Ahmad, Rabu (28/11), verifikasi harus dilakukan agar data valid dan guru yang mendapatkan kenaikan kesejahteraan sesuai dengan ketentuan. Dengan demikian, alokasi anggaran tepat sasaran.

"Bagi guru yang ijazahnya hanya tingkat SMA sesuai ketentuan seharusnya tidak diperbolehkan mengajar. Karena batasan minimal berpendidikan D-3. Mereka seharusnya sebagai staf adaministrasi," tegasnya.

Dia mengatakan, dengan adanya kenaikan honor para guru sekolah negeri harus dibarengi dengan kinerja yang maksimal. Dengan demikian, mutu dan kualitas semakin meningkat.

Sebelumnya, Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Tegal telah menyetujui terhadap usulan kenaikan kesejahteraan guru honorer di sekolah negeri. Yakni, dari Rp 9,8 miliar menjadi Rp 12,4 miliar.

Dengan adanya kenaikan tesebut setiap guru honorer di sekolah negeri akan mendapatkan honor sesuai sekitar Upah Minimum Kota (UMK). Ada pun UMK Kota Tegal 2018 Rp 1.630.106,- dan tahun 2019 mendatang naik menjadi Rp 1.762.000,-.

Jumlah guru honor di sekolah negeri 332 orang. Sebelum yang berpendidikan sarjana mendapatkan honor Rp 1,1 juta/bulan naik menjadi Rp 1,6 juta/bulan. Yang pendidikan D-3 sebelum Rp 1 juta/bulan menjadi Rp 1,5 juta/bulan dan pendidikan SMA dari Rp 800 ribu/bulan menjadi Rp 1,3/bulan.

Dia menambahkan, untuk peningkatan kesejahteraan guru di sekolah swasta diusulkan agar kegiatan ditambah. Dengan demikian pendapat meningkat karena honor mereka dihitung berdasarkan bentuk kegiatan. Jumlah guru di sekolah di Kota Tegal 1.200 orang.

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Tagar Giring Trending di Twitter, Ini Penyebabnya

Kamis, 6 Januari 2022 | 22:28 WIB

Fokus di Kabinet, Airlangga Tak Akan Mundur

Sabtu, 1 Januari 2022 | 18:32 WIB
X