Para Pelaku Ekonomi Kreatif di Kab Pekalongan Sudah Manfaatkan Situs Belanja Online

- Senin, 10 Mei 2021 | 10:15 WIB
(suaramerdeka.com/Agus Setiawan)
(suaramerdeka.com/Agus Setiawan)

PEKALONGAN, suaramerdeka.com - Di era industri 4.0 ini, para pelaku usaha UMKM terutama di bidang ekonomi kreatif yaitu batik, sarung batik, dan pakaian jadi di Kecamatan Buaran, Kabupaten Pekalongan sudah banyak yang memanfaatkan teknologi informasi komunikasi dalam menjalankan usahanya, khususnya situs belanja online seperti Shopee, lazada, dan lainnya.

Hal itu disampaikan anggota Komisi X dari Fraksi PKB Bisri Romly di sela-sela kegiatan kunjungan sekalinya melakukan pembinaan terhadap para pelaku ekonomi kreatif atau pedagang online se-Kecamatan Buaran, Kabupaten Pekalongan, Senin dini hari, 10 Mei 2021.

"Keberadaan situs belanja online banyak mendongkrak penjualan dari para pelaku UMKM di bidang batik. Bahkan para pelakunya didominasi para pemuda yang usaianya dibawah 40 tahun. Omzetnya varitif ada yang mencapai Rp 1 miliar lebih, ada pula yang hanya Rp 10 juta tiap bulannya. Beberapa pengusaha juga ada yang masih dalam tahap belajar," kata dia.

"Saya selaku Anggota Komisi X DPR RI dari dapil Jawa Tengah 10 tentu mengapresiasi dan mendukung apa yang dilakukan para pengusaha muda ekonomi kreatif yang memanfaatkan teknologi informasi komunikasi. Artinya mereka bisa memanfaatkan dengan baik kemajuan teknologi yang sedang berkembang saat ini," sambungnya.

Pihaknya, pada tahun 2020 bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga telah melaksanakan sejumlah pelatihan dan bimbingan teknis untuk para pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Pekalongan. Kegiatan itu, kata dia, memiliki dampak dan manfaat nyata bagi pengusaha ekonomi kreatif di salah satu daerah pemilihannya.

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Munas Alim Ulama, PPP Kumpulkan 4 Gubernur di Semarang

Minggu, 17 Oktober 2021 | 18:38 WIB

PPP dan Golkar Terbuka untuk Koalisi Pilpres 2024

Jumat, 15 Oktober 2021 | 20:06 WIB

Buntut Banteng vs Celeng, Mbogo Dipanggil DPP PDIP

Jumat, 15 Oktober 2021 | 17:39 WIB
X