Kemampuan Beradaptasi Kunci Menekan Peningkatan Kemiskinan

- Kamis, 29 April 2021 | 13:55 WIB
suaramerdeka.com/dok
suaramerdeka.com/dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pandemi Covid-19 menciptakan krisis multidimensi yang berdampak pada peningkatan kemiskinan. Kemampuan kita bertahan dan beradaptasi salah satu kunci untuk menghadapi kondisi tersebut.

"Sejak pandemi dengan keterbatasan mobilitas masyarakat, banyak sektor yang terdampak. Masyarakat kehilangan pekerjaan yang berdampak pada peningkatan kemiskinan," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat saat membuka diskusi daring bertema Antisipasi Kemiskinan Pasca Pandemi yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12, Rabu 28 April 2021.

Diskusi yang dimoderatori Luthfi Assyaukanie, Tenaga Ahli Wakil Ketua MPR RI Koordinator Bidang Penyerapan Aspirasi Masyarakat dan Daerah menghadirkan Vivi Yulaswati Staf Ahli Menteri PPN/Bappenas Bidang Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan, Prof Didik Rachbini Guru Besar Universitas Mercu Buana/Pendiri INDEF, Dony Ahmad Munir Bupati Sumedang, Dr. Suyoto, Senior Faculty - United In Diversity dan Dr. Lilik Sugiharti, Ekonom, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga/FEB UNAIR sebagai narasumber.

Baca Juga: Dampak Covid-19, Potensi Kemiskinan Lima Kali Lipat

Menurut Lestari, untuk menekan angka kemiskinan di masa pandemi perlu memfokuskan kerja-kerja kita agar pandemi Covid-19 ini bisa dikendalikan sehingga persyaratan ekonomi untuk bergerak bisa dipenuhi.

Lestari berpendapat, sejumlah kebijakan yang diterapkan juga jangan menimbulkan permasalahan baru. Kemampuan bertahan dan beradaptasi menjadi salah satu kunci untuk mengatasi tantangan di masa pandemi ini.

Baca Juga: Dinsos Karanganyar Akan Data Kemiskinan Baru Akibat Covid-19

Upaya vaksinasi nasional, ujar Lestari sebenarnya sudah membangkitkan optimisme kepada masyarakat bahwa kita mampu melewati pandemi Covid-19.

Apalagi, jelasnya, di beberapa daerah di tanah air juga terjadi penurunan kesadaran masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan menghindari kerumunan, yang berdampak pada munculnya klaster-klaster penyebaran baru.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

Hadapi Pemilu 2024, Airlangga Hartarto Minta Doa Ulama

Minggu, 24 Oktober 2021 | 16:28 WIB

PDIP: Desa Sebagai Orientasi Pengabdian

Kamis, 21 Oktober 2021 | 19:31 WIB
X