KRI Nanggala 402 Tenggelam, Pembaruan Alutsista Tak Bisa Ditawar Lagi

- Senin, 26 April 2021 | 16:33 WIB
Foto dokumentasi
Foto dokumentasi

BANDUNG, suaramerdeka.com - Anggota Komisi I dari Fraksi Nasdem DPR RI, M Farhan menegaskan bahwa kejadian tenggelamnya (subsunk) kapal selam KRI Nanggala 402 di perairan utara Bali harus menjadi momentum untuk lebih memajukan alat utama sistem persenjataan TNI.

"Kejadian memilukan itu hendaknya jadi momentum karena sudah jadi public issue yang tidak mungkin ditahan lagi. Sehingga kemudian yang diperlukan adalah mendorongnya masuk dalam agenda kebijakan pertahanan nasional," katanya dalam keterangan yang diterima Senin (26/4).

Baca Juga: Partai Golkar Doakan KRI Nanggala-402 Cepat Ditemukan

Untuk itu, pihaknya melalui Panja siap meningkatkan pembahasan mengenai persoalan tersebut mengingat Kemenhan dan TNI selama ini merupakan mitra kerja Komisi I DPR.

Baca Juga: Membayangkan Tragedi Kecelakaan KRI Nanggala-402 dari Film Kursk

Apa yang menimpa Nanggala jelas menjadi fokus dan atensi besar dalam peningkatan pembahasan itu termasuk mengevaluasi keberadaan alutsista TNI secara keseluruhan.

Baca Juga: Belum Ada Pengganti, Alasan TNI Gunakan Alutsista Lama

"Ini untuk memastikan supaya langkah pembaruan alutsista itu berada dalam koridor kepentingan nasional dan juga pada keselamatan personil," kata pria berlatar belakang presenter itu.

Masih dalam kejadian itu, Farhan menyatakan bahwa gugurnya 53 putra terbaik bangsa di dalam KRI Nanggala 402 yang tengah bertugas itu layak mendapat penghargaan tinggi dari Negara.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

X