Konsep Baru PTM di Sekolah Perlu Diperbanyak dengan Pendidikan Karakter

Red
- Sabtu, 10 April 2021 | 16:35 WIB
Foto dokumentasi
Foto dokumentasi

SEMARANG, suaramerdeka.comPembelajaran Tatap Muka (PTM) di masa pandemi telah diuji coba di sejumlah sekolah di Jateng. Namun, PTM di sekolah dengan gaya kegiatan belajar mengajar yang sama saat sebelum pandemi disebut tak akan efektif. Bahkan, jika itu dilakukan maka hasilnya tak akan maksimal bagi progres pembelajaran siswa.

Anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Jateng, Yudi Indras Wiendarto menjelaskan dengan PTM maka siswa memang bisa datang dan mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah. Namun, dengan keterbatasan jam belajar, interaksi antara siswa dengan siswa serta siswa dengan guru jelas membuat sekolah tak akan lagi bisa sama sebagaimana sebelum pandemi.

Baca Juga: PTM, Kesiapan Guru Mengajar Daring dan Luring Harus Dimatangkan

Melihat kondisi itu, maka konsep PTM ini tak boleh hanya menjalankan pola pendidikan sebelum pandemi. “Harus ada konsep pembelajaran baru saat PTM di masa pandemi ini,” ujar Yudi Indras usai mengikuti gowes bersama pendidik dan tenaga kependidikan dan alumni SMA 5 Kota Semarang, Sabtu (10/4).

Ia memberikan saran, karena jam PTM di sekolah itu dibatasi, maka lebih banyak diisi dengan pemberian motivasi dari guru. Motivasi bisa dari sisi pendidikan karakter, cerita sukses, perihal kepedulian, hingga soal menumbuhkan semangat belajar.

Baca Juga: Sekolah Dilarang Gelar Tatap Muka Tanpa Izin

Baca Juga: Pentingnya Pendidikan Karakter saat Pandemi

Saat pertemuan juga lebih membahas pada persoalan-persoalan mata pelajaran yang belum dipahami atau memang siswa mengalami kesulitan bab-bab tertentu.

“Materi pelajaran bisa dibagikan dan dilakukan secara daring. Jadi kalau memang ada materi yang sulit dipahami bisa ditanyakan pada saat PTM,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

Munas Alim Ulama, PPP Kumpulkan 4 Gubernur di Semarang

Minggu, 17 Oktober 2021 | 18:38 WIB

PPP dan Golkar Terbuka untuk Koalisi Pilpres 2024

Jumat, 15 Oktober 2021 | 20:06 WIB

Buntut Banteng vs Celeng, Mbogo Dipanggil DPP PDIP

Jumat, 15 Oktober 2021 | 17:39 WIB
X