Lulus PKPNU, Ketua DPRD Kota Semarang Menangis Saat Cium Bendera Merah Putih

- Selasa, 6 April 2021 | 23:00 WIB
(suaramerdeka.com/Agus Fathuddin Yusuf)
(suaramerdeka.com/Agus Fathuddin Yusuf)

SEMARANG, suaramerdeka.com – Ketua DPRD Kota Semarang Kadarlusman SE dan enam anggota dewan lainnya dinyatakan lulus setelah selama dua hari mengikuti Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PKPNU).

Selain Kadarlusman yang berasal dari Fraksi PDI-P, enam anggota DPRD yang dinyatakan lulus yaitu Rahmulyo Adiwibowo (FPDI-P/Wakil Ketua Komisi D), Joko Santoso SE, (Fraksi Gerindra/Ketua DPC Partai Gerindra), Mualim (Fraksi Gerindra/Wakil Ketua DPRD), Anang Budi Utomo (Fraksi Golkar/Sekretaris Komisi D), Adi Subhkan, (FPDI-P) dan Budiharto (Fraksi Nasdem /Wakil Komisi A).

‘’Sebenarnya ada 14 anggota DPRD yang mendaftar mengikuti PKPNU, tetapi tujuh dinyatakan lulus dan tujuh lainnya dinyatakan gugur,’’ kata Wakil Ketua PCNU Kota Semarang KH Ali Mas’adi.

Menurutnya, PKPNU angkatan 5 di Kecamatan Pedurungan meluluskan 88 orang kader Penggerakan NU.

Selama dua hari mereka digembleng tentang ke-NU-an, Ahlussunnah walJamaah, nasionalisme dan cinta NKRI serta materi lainnya. Kegiatan dipusatkan di Pondok Pesantren Daarussaadah, Karangingas yang diasuh oleh Drs KH Muthohar As’ad MSi.

Di akhir pendidikan kader, semua peserta wajib mengikuti baiat atau janji setia kepada NU dan NKRI. Satu persatu mengambil sikap sempurna melakukan hormat kepada bendera merah putih dan bendera NU kemudian menciumnya. Lagu Syukur karya H Muthahar mengiringi prosesi itu.

Banyak peserta yang menangis saat mencium dua bendera tersebut termasuk Ketua DPRD Kadarlusman atau yang akrab disapa Mas Pylus itu.
‘’Alhamdulillah saya bisa mengikuti PKPNU dan dinyatakan lulus. Mudah-mudahan sebagai warga Nahdliyyin kami bisa mengabdi dan berhidmah di NU,’’ kata Pylus usai mengikuti upacara baiat sekitar pukul 02.00 dinihari.

-
Sekretaris PWNU Jateng KH Hudalloh Ridlwan saat menyampaikan pidato pengarahan pada peserta Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PKPNU) Angkatan V Kecamatan Pedurungan di Pondok Pesantren Daarussaadah, Karangingas. (suaramerdeka.com/Agus Fathuddin Yusuf)


 
Menjadi Paham

Wakil Ketua Komisi D DPRD Kota Semarang Rahmulyo Adiwibowo mengatakan, materi PKPNU yang disampaikan dalam pelatihan sangat bahus. ‘’Terutama materi tantang pemahaman NU dan bagaimana menjadi NU, sehingga peserta menjadi paham, bahwa menjadi NU tidak hanya bicara soal amaliyahnya saja, tetapi ada aspek sejarah yang tidak bisa ditinggalkan oleh kita,’’ kata anggota Fraksi PDI-P itu.

Halaman:

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

X