Mbah Kholil Bangkalan Layak jadi Pahlawan Nasional, Farhan: Punya Cara Elegan Hadapi Penjajah

- Selasa, 23 Maret 2021 | 12:30 WIB
Foto dokumentasi
Foto dokumentasi

BANDUNG, suaramerdeka.com - Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Nasdem, M Farhan menyebut Syaikhona Kholil Bangkalan layak mendapat gelar pahlawan nasional. Kontribusinya dalam pergerakan merebut kemerdekaan dari penjajah dinilai elegan dan tak lazim di jamannya.

"Beliau berhasil menemukan cara komunikasi dan diplomasi yang mampu meyakinkan, tidak hanya warga bangsa sendiri, tetapi juga meyakinkan administrasi pemerintahan Hindia Belanda sehingga pergerakan Nasionalisme Indonesia tidak diberangus dengan massive," katanya dalam keterangan yang diterima Selasa (23/3).

Dia berharap gelar pahlawan kepada KH Kholil itu ditetapkan pada Hari Pahlawan 10 November 2021. Sebelumnya, Farhan sempat menjelaskan tiga pendiri Nahdlatul Ulama yang merupakan muridnya yaitu KH Hasyim Asy’ari, KH Wahab Chasbullah, dan KH Bisri Syansuri sudah mendapat gelar pahlawan Nasional.

Baca Juga: Ganjar Nilai Hoegeng, Kariadi dan Soegarda Layak Jadi Pahlawan Nasional

Baca Juga: PPP akan Usulkan Mbah Moen Sebagai Pahlawan Nasional

Farhan menilai, kondisi bangsa Indonesia pada saat itu berada dalam kondisi disudutkan dan didikte bangsa lain sehingga  menjadi tugas berat para kiai dalam menghadapinya.

"Betapa besar pengaruh seorang Kiai pada keyakinan warga yang waktu itu masih buta identitas kebangsaan. Beliau lah yang menulis 'Hubbul Wathon Minal Iman'. Cinta tanah air bagian dari iman, itu tulisan tangan beliau," katanya.

Pihaknya berharap Presiden Joko Widodo segera menyetujui status pahlawan nasional kepada Syaikhona Kholil. Menurutnya, studi atau kajian ilmiah dan dorongan publik menjadi salah satu faktor penting dalam penentuan status tersebut.

"Maka kita ingin mengajak semua warga untuk menyuarakan agar mendukung nama Syaikhona Kholil sebagai Pahlawan Nasional. Jadi ini adalah gerakan untuk mengingatkan agar pemerintah memberikan gelar Pahlawan Nasional kepada Syaikhona Kholil. Apalagu Beliau adalah Guru dari banyak pahlawan dan waliyulloh di Republik ini," katanya

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

Hadapi Pemilu 2024, Airlangga Hartarto Minta Doa Ulama

Minggu, 24 Oktober 2021 | 16:28 WIB

PDIP: Desa Sebagai Orientasi Pengabdian

Kamis, 21 Oktober 2021 | 19:31 WIB

Munas Alim Ulama, PPP Kumpulkan 4 Gubernur di Semarang

Minggu, 17 Oktober 2021 | 18:38 WIB
X