Cegah Penyebaran Virus Corona B117-UK, Tingkatkan Akurasi 3T dan Disiplin Prokes

- Sabtu, 6 Maret 2021 | 13:13 WIB
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat (suaramerdeka.com/dok)
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat (suaramerdeka.com/dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Adanya varian baru virus Corona (B117-UK) di tanah air harus meningkatkan upaya pencegahan lewat disiplin menerapkan protokol kesehatan (Prokes) dan testing, tracing serta treatment (3T).

Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (5/3) mengatakan masuknya mutasi virus Corona dari Inggris ini akan membuat tantangan masyarakat Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19 semakin berat.

Baca Juga: Penanganan Virus Corona B117

"Pemerintah beberapa waktu lalu mengumumkan masuknya varian baru virus corona (B117-UK) di Indonesia. Upaya 3T yang tepat dan akurat harus segera dilakukan untuk cegah meluasnya varian baru virus corona ini," katanya.

Baca Juga: Menkes Desak Pemda Gencarkan Strategi 3T, Tekan Laju Penularan Covid-19

Menurut Lestari, testing Covid-19 di pintu-pintu masuk antar negara harus terus ditingkatkan akurasi dan efektivitasnya agar orang yang datang dari luar negeri bisa segera terdeteksi status paparan Covid-19.

Semakin cepat status paparan Covid-19 bisa dikonfirmasi akan semakin cepat pula upaya mencegah penyebaran varian baru virus Corona dilakukan.

Selain diperlukan peningkatan kesiagaan para petugas di bandara dan pelabuhan laut di pintu-pintu masuk mobilitas orang dari luar negeri peran petugas pengendalian penyebaran Covid-19 di tingkat RT/RW dalam pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro, juga harus ditingkatkan.

Baca Juga: Krisis Kesehatan Belum Berakhir, Jokowi: TNI dan Polri Perlu Aktif Disiplinkan Prokes

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

Tagar Giring Trending di Twitter, Ini Penyebabnya

Kamis, 6 Januari 2022 | 22:28 WIB

Fokus di Kabinet, Airlangga Tak Akan Mundur

Sabtu, 1 Januari 2022 | 18:32 WIB

Hasto: PDIP Doakan Suksesnya Muktamar NU

Rabu, 22 Desember 2021 | 17:46 WIB

Hanura Jateng Targetkan Lolos Verifikasi Pemilu 2024

Rabu, 22 Desember 2021 | 17:32 WIB
X