Derasnya Arus Globalisasi, Jati Diri Bangsa Indonesia Jangan Tergerus

- Kamis, 25 Februari 2021 | 11:12 WIB
Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

UNGARAN, suaramerdeka.com - Masyarakat diminta untuk terus menguatkan jati dirinya sebagai WNI meskipun adanya pengaruh derasnya arus globalisai. Hal itu disampaikan Ida Nurul Farida, Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah dalam diskusi Peningkatan Kapasitas Masyarakat Sipil dalam Penyelesaian Konflik Sosial, Senin (22/2) di Hotel C3 Ungaran.

“Di era globalisasi dan kemajuan IT yang begitu pesat, kita sebagai warga negara Indonesia harus terus mempertahankan jati diri bangsa. Nilai dan karakter bangsa, seperti religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas harus ada dalam diri kita, lebih-lebih generasi muda,” kata Anggota Komisi E DPRD Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan tersebut merupakan kerja sama antara Kesbangpol dan DPRD Provinsi Jawa Tengah. Hadir sebagai peserta dalam kegiatan tersebut dari unsur FKUB, MTA, LDII, dan perwakilan ormas lainnya. Diskusi yang menghadirkan beberapa narasumber ini mengambil tema “Melalui Koordinasi dan Sinergitas, Kita Tingkatkan Peran Aktif Masyarakat dalam Mencegah Konflik Sosial”.

Selain Ida, juga ada tiga narasumber lainnya, yaitu Bambang Kusriyanto, Sholeha Kurniawati, dan Stephanus Sukirno. Seluruh peserta yang hadir menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Selain itu, dari pihak hotel juga mengukur suhu tubuh para peserta.

Editor: Andika

Tags

Terkini

X