Tren Kepatuhan Prokes harus Dijaga Menuju Norma Baru di Masa Pandemi

- Jumat, 19 Februari 2021 | 12:41 WIB
suaramerdeka.com/dok
suaramerdeka.com/dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Berdasarkan catatan Satgas Penanganan Covid-19, kepatuhan masyarakat menjalankan protokol kesehatan meningkat mencapai angka 75 persen saat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro diterapkan di Jawa dan Bali.

Menurut Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat tren peningkatan kepatuhan menjalankan protokol kesehatan harus dijaga, sebagai langkah awal dalam membentuk norma baru dalam menjalani keseharian di masa pandemi.

"Kabar baik bila memang terjadi peningkatan kepatuhan menjalankan protokol kesehatan di tengah masyarakat. Yang kita butuhkan saat ini bukan sekadar patuh terhadap aturan, tetapi lebih pada membentuk norma baru dalam keseharian masyarakat," katanya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (18/2).

Baca Juga: PPKM Jawa Bali, Pertamina Jateng DIY Amankan Stok dan Perketat Prokes

Konsisten dalam mengajak orang dalam menjalankan protokol kesehatan kata Lestari, salah satu cara untuk menuju terbentuknya norma baru di masyarakat.

Baca Juga: Sosialisasi Norma Baru, Partisipasi Tokoh Agama dan Masyarakat Sangat Diharapkan

Baca Juga: Wapres: Mematuhi Protokol Kesehatan bukan untuk Pemerintah, Tetapi Demi Warga

Karena, tambah dia, pascavaksinasi Covid-19 diaplikasikan, masyarakat diharuskan tetap menerapkan kebiasaan menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun untuk mencegah paparan virus  corona.

Lestari menegaskan, penerapan protokol kesehatan di pintu-pintu masuk pergerakan orang di setiap wilayah sangat diperlukan untuk mencegah meluasnya sebaran virus corona.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

Pintu Nasdem Terbuka Lebar untuk Ridwan Kamil

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:36 WIB
X