Masyarakat Diminta Jeli Melihat Pasal dalam UU Cipta Kerja

- Rabu, 21 Oktober 2020 | 13:15 WIB
Masyarakat Diminta Jeli Melihat Pasal dalam UU Cipta Kerja. (suaramerdeka.com/Puthut Ami Luhur)
Masyarakat Diminta Jeli Melihat Pasal dalam UU Cipta Kerja. (suaramerdeka.com/Puthut Ami Luhur)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Masyarakat diminta jeli dalam melihat pasal per pasal dalam UU Cipta Kerja yang digedok DPR RI beberapa waktu lalu. Undang undang tersebut tak hanya mengatur soal ketenagakerjaan, namun ada 10 klaster lain yang juga termasuk di dalamnya.

Anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Jateng Yudi Indras Wiendarto menyampaikan, beberapa klaster lain yang masuk diantaranya adalah penyederhanaan perizinan, persyaratan investasi, ketenagakerjaan, kemudahan berusaha, pemberdayaan dan perlindungan UMKM, dukungan riset dan inovasi, administrasi pemerintahan.

“Sama-sama tahu kondisi perekonomian tidak sedang bagus maka butuh terobosan. UU Cipta Kerja jangan hanya dilihat dari klaster ketenagakerjaan saja tapi lihat secara keseluruhan, menguntungkan,” kata Yudi dalam diskusi Ngobrol Asik Bersama Dewan (Rolasan) yang diselenggarakan DPRD Jateng di Goodfellas Kota Semarang, Selasa (20/10).

Ia mengakui, jika saat ini kondisi buruh sedang tidak bagus, karena masa pandemi yang masih berlangsung. Untuk itu, ia meminta dinas terkait untuk ikut membantu dan mengawal, alasannya, terkadang perusahaan berbuat tidak adil dan mencari keuntungan sepihak.

Menyikapi undang undang yang baru ini, anggota Komisi E DPRD Jateng ini menekankan agar melihat secara keseluruhan. “Titik tekannya adalah memberikan kemudahan dan mendukung perekonomian. Hati-hati dengan adu domba, karena bisa memecah bangsa,” tambahnya.

Dalam diskusi tersebut hadir empat narasumber lainnya, Kepala Disnakertrans Jateng Sakina Rosellasari, Ketua KSPN Jateng Nanang Setyono, Kasat Intelkam Polrestabes Semarang AKBP Guki Ginting dan Dosen FH Undip Muhammad Azhar.

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Hadapi Pemilu 2024, Airlangga Hartarto Minta Doa Ulama

Minggu, 24 Oktober 2021 | 16:28 WIB

PDIP: Desa Sebagai Orientasi Pengabdian

Kamis, 21 Oktober 2021 | 19:31 WIB
X