Komisi III DPR Dorong Peningkatan Layanan Kantor Imigrasi Semarang

- Senin, 21 September 2020 | 12:12 WIB
KETERANGAN : Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Adies Kadir menyampaikan keterangan seusai kunjungan di Kantor Imigrasi Kelas 1 Semarang. (suaramerdeka.com / Siswo Ariwibowo)
KETERANGAN : Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Adies Kadir menyampaikan keterangan seusai kunjungan di Kantor Imigrasi Kelas 1 Semarang. (suaramerdeka.com / Siswo Ariwibowo)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Jajaran Komisi III DPR RI mendorong peningkatan pelayanan di Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas 1 Semarang dan perluasan ruang pelayanan. Dorongan itu disampaikan Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Adies Kadir bersama rombongan saat berkunjung di Kantor Imigrasi Kelas 1A Semarang. Kedatangan Adies bersama anggota Komisi 3 lainnya tak lebih mengecek pelayanan dan perkembangan Kantor Imigrasi Semarang di tengah pandemi Covid-19.

Adies mengatakan bahwa Kantor Imigrasi 1 Semarang merupakan salah satu Kantor Imigrasi yang memiliki tempat pelayanan cukup kecil dibandingkan Kanim setingkat di Indonesia. Menurutnya, diperlukan perluasan ruang maupun lahan agar pelayanan di Kanim 1 Semarang lebih maksimal. "Kantor Imigrasi Kelas 1 Semarang jika dibandingkan Kanim 1 di Jakarta, Jawa Barat maupun Jawa Timur cukup kecil, sehingga diperlukan perluasan," kata Adies di Kantor Imigrasi Kelas 1 Semarang.

Terlebih Kanim Kelas 1 Semarang termasuk Kanim yang memberikan pendapatan cukup besar jika dibandingkan DKI Jakarta maupun Jawa Timur dan Jawa Barat. Hal itu dikarenakan  Kanim Kelas 1 Semarang melayani banyak keperluan keimigrasian, seperti pekerja migran dan kedatangan orang dari luar negeri serta cakupan wilayah pelayanan yang cukup luas. Maka dibutuhkan penambahan ruang yang cukup untuk menampung semua layanan tersebut.

Baca juga: Kantor Imigrasi Semarang Awasi 303 Perusahaan Asing

"Kami menyadari di pandemi ini membuat pendapatan semua sektor mengalami penurunan, di Kanim Semarang turun mencapai 70 persen. Kami berharap agar pandemi segera usai sehingga pendapatan negara kembali meningkat," terangnya

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jateng, Priyadi mengatakan, pihaknya juga berupaya untuk menaikan kelas dari Kanim Kelas 1 Semarang menjadi Kanim 1 Semarang khusus. Di sisi lain saat ini pihaknya telah melakukan pengusulan untuk pembangunan perluasan Kanim Kelas 1 Semarang. "Jika pada hari normal (tidak dalam situasi pandemi) gedung ini tidak dapat menampung banyaknya masyarakat yang hendak mengurus urusan imigrasi," katanya

Selain itu peningkatan kelas tersebut dikarenakan cakupan layanan dan wilayah  pada Kanim 1 Semarang sangat luas. Hal itu karena Kanim 1 Semarang juga melakukan pemeriksaan terhadap orang yang datang baik lewat bandara maupun lewat laut. Wilayah kabupaten yang dilayani juga sangat luas yakni ada tujuh Kabupaten dan Kota.

"Ke depan tidak hanya Kanim Kelas 1 Semarang saja yang mengalami peningkatan kelas. Kami berupaya kanim kanim lain di Jawa Tengah mengalami peningkatan kelas juga," imbuhnya.

Editor: Andika

Tags

Terkini

Hadapi Pemilu 2024, Airlangga Hartarto Minta Doa Ulama

Minggu, 24 Oktober 2021 | 16:28 WIB

PDIP: Desa Sebagai Orientasi Pengabdian

Kamis, 21 Oktober 2021 | 19:31 WIB

Munas Alim Ulama, PPP Kumpulkan 4 Gubernur di Semarang

Minggu, 17 Oktober 2021 | 18:38 WIB
X