Marwan Jafar: Disiplin Kesehatan Covid-19, Butuh Peran TNI-Polri

- Selasa, 11 Agustus 2020 | 09:55 WIB
Marwan Jafar: Disiplin Kesehatan Covid-19, Peran TNI-Polri. (suaramerdeka.com/dok)
Marwan Jafar: Disiplin Kesehatan Covid-19, Peran TNI-Polri. (suaramerdeka.com/dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kurangnya disiplin masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19 perlu penanganan serius. Sehingga diterbitkan Inpres  No. 6 tahun 2020 tentang Peningkatan Kedisiplinan dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid 19.

Anggota DPR RI, Marwan Jafar mengatakan pihaknya sudah mengajak, mendorong serta membantu langsung agar warga masyarakat berdisplin dan tidak menganggap enteng karena  mudahnya virus Corona menyebar dan menular.

"Mohon maaf, diakui atau tidak kalau sudah menyangkut perkara disiplin secara tulus atau kesadaran diri, warga masyarakat kita agaknya masih rendah," kata Marwan, Selasa (11/8).

Pelibatan TNI-Polri menurut pihaknya pernah menyampaikan masukan. Misalnya, akhir Mei 2020 Ia mendorong era normal baru dengan disiplin ala militer, seraya menjaga keseimbangan antara kebutuhan roda ekonomi yang harus beranjak bergerak dan upaya sekuat tenaga untuk menangani penyebaran Covid-19 dengan segala sumber daya yang dimiliki negara dengan tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat dan efektif.

"Sejak awal-awal Covid-19 menyertakan negara kita, saya sudah mengusulkan, menekankan, dan menegaskan bahwa TNI-Polri kita harus dilibatkan untuk bahu-membahu, bersinergi, dan berkolaborasi dengan Kementerian dan Lembaga, serta Tim Gugus Tugas Covid 19 dalam rangka ikut serta menangani pandemi ini. Alhamdulillah, itu semua direspon dengan baik dan sudah terjadi. Apresiasi yang setinggi-tingginya kita sampaikan kepada TNI-Polri kita, dan semua pihak yang menangani dan membantu penanganan Covid 19, termasuk para dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya sebagai garda terdepan penanganan pandemi ini dan berhadapan langsung dengan para pasien," jelasnya.

Marwan menambahkan, tentang kedisiplinan suka tidak suka, mau tidak tidak mau, harus menerapkan semi ala militer. Karena butuh kehati-hatian, pemberlakuan protokol kesehatan dengan ketat dan tentu dibarengi efektifitasnya, menghindari kerumunan dan bentuk lainnya, serta membiasakan dan menggairahkan budaya disiplin.

Budaya yang sudah diajarkan dan diterapkan dalam tubuh TNI-Polri, salah satunya adalah budaya disiplin. Pelibatan TNI-Polri dalam konteks dan koridor disiplin adalah penting, tentu dengan pendekatan persuasif, ramah, tapi tegas. Tanpa pandang bulu, tanpa pandang strata sosial.

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Munas Alim Ulama, PPP Kumpulkan 4 Gubernur di Semarang

Minggu, 17 Oktober 2021 | 18:38 WIB

PPP dan Golkar Terbuka untuk Koalisi Pilpres 2024

Jumat, 15 Oktober 2021 | 20:06 WIB

Buntut Banteng vs Celeng, Mbogo Dipanggil DPP PDIP

Jumat, 15 Oktober 2021 | 17:39 WIB
X