NasDem Didorong Kawal RUU PKS

- Rabu, 9 Oktober 2019 | 09:24 WIB
Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Komisioner Komnas Perempuan, Masruchah mendorong kepada Fraksi Partai NasDem di DPR untuk mengawal agar RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) masuk dalam prolegnas lima tahunan dan prolegnas prioritas tahun 2020.

"Ini menjadi sebuah harapan dari persoalan-persoalan yang ada, dan ini juga masih hangat untuk dibahas," ujar Masruchah dalam Dialog Selasa yang merupakan rangkaian Kongres II Partai NasDem, dengan tema "Apa Kabar RUU Penghapusan Kekerasan Seksual?", di Kantor DPP Partai NasDem, Selasa (8/10).

Untuk itu, kata dia, diharapkan pimpinan NasDem untuk menugaskan anggota DPR-nya yang memiliki kepakaran tentang hukum, HAM, dan gender masuk sebagai anggota pansus atau panja RUU PKS. "RUU PKS ini menjadi salah satu agenda Partai NasDem sebab RUU ini akan turut menjaga integritas anggota legislatif diseluruh level, pengurus partai di seluruh tingkatan dalam menjaga dan menghormati martabat kemanusiaan," ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengusulkan agar pembahasan RUU tersebut dilakukan lintas komisi. "RUU ini terkait dengan HAM dan gender. Untuk itu seyogyanya NasDem menyuarakan pembahasannya di komisi yang tidak mengurusi isu agama saja," usulnya.

Usulan tersebut ditanggapi oleh Ketua DPP Partai NasDem, Taufik Basari. Menurutnya, usulan agar RUU tersebut dibahas lintas komisi adalah hal yang baik. "Karena RUU ini kan isunya lintas komisi, ada isu hukum yang menyangkut Komisi III, isu agama dan perempuan di Komisi VIII, dan isu kesehatan di Komisi IX," jelasnya.

Selain itu, sambung dia, NasDem juga akan berkomitmen untuk mengawal pembahasan RUU PKS. Pasalnya, RUU tersebut bukan hanya bertujuan untuk mengatur, namun lebih dari itu, untuk membangun keadaban yang lebih baik. "Oleh karena itu, ini menjadi komitmen NasDem untuk menjadi motor utama untuk mendorong pengesahannya," tandasnya.

Editor: Andika

Tags

Terkini

Hadapi Pemilu 2024, Airlangga Hartarto Minta Doa Ulama

Minggu, 24 Oktober 2021 | 16:28 WIB

PDIP: Desa Sebagai Orientasi Pengabdian

Kamis, 21 Oktober 2021 | 19:31 WIB
X