Kuliah Online Picu Stres, Mahasiswa Undip Ciptakan Alat Deteksi Stres Gunakan Suara

- Senin, 30 Agustus 2021 | 18:20 WIB
 PERCOBAAN METODE: Tim mahasiswa Undip mencoba metode deteksi suara untuk menentukan tingkat stres atau tekanan batin dari responden, di Kampus Tembalang, kemarin. (suaramerdeka.com/Hari Santoso)
PERCOBAAN METODE: Tim mahasiswa Undip mencoba metode deteksi suara untuk menentukan tingkat stres atau tekanan batin dari responden, di Kampus Tembalang, kemarin. (suaramerdeka.com/Hari Santoso)

 SEMARANG, suaramerdeka.com - Lima mahasiswa Undip yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Riset Humaniora (RSH) Undip menciptakan inovasi yang akan bermanfaat untuk banyak orang.

Aplikasi tersebut dirancang untuk mendeteksi dini kondisi stres seseorang dengan menggunakan suara.

Mahasiswa yang menorehkan karya ini adalah Adam Sukma Darmawan (Program Studi Teknik Informatika 2018), Zulfida Rahma Cahyani (Program Studi Keperawatan 2018), Nur Suci Nilamsari (Program Studi Keperawatan 2018), Aji Darmawan (Program Studi Ilmu Ekonomi 2018), dan Albi Boykhair (Program Studi Ilmu Ekonomi 2018).

‘’Penemuan alat tersebut tidak terlepas dari keinginan membuat kebaruan dan inovasi dari dalam kampus.

Muncul ide untuk membuat alat deteksi dini stres pada diri seseorang. Ini juga merupakan buah pikiran dari kegelisahan tingkat stress mahasiswa akibat pemberlakuan kuliah online,’’tutur Adam didampingi Zulfida, kemarin.

Baca Juga: Polda Jateng Tangkap Pencuri Sepeda Motor, Beraksi di 11 Lokasi

Dengan alasan tersebut kelima mahasiswa membuat alat ini.

Manfaat dari alat ini yakni dengan hanya berbekal suara seseorang nantinya suara tersebut akan langsung diolah dengan machine learning untuk mengetahui tingkat stress yang sedang dialami.

Deteksi dengan suara ini diharapkan dapat menjadi terobosan baru dalam system deteksi stress yang mudah dijangkau,efisien dan menarik.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gubernur NTT Raih Gelar Doktor di UKSW Salatiga

Senin, 25 Oktober 2021 | 10:48 WIB

UPGRIS-Dokkes Polda Jateng Gelar Vaksinasi Lanjutan

Minggu, 24 Oktober 2021 | 21:40 WIB
X