Tingkatkan Kiprah BUMDes, Dosen UIN Walisongo Beri Pelatihan Digitalisasi

- Jumat, 27 Agustus 2021 | 09:00 WIB
Tim dosen UIN Walisongo, bertemu dengan pengurus BUMDes dan perangkat  Desa Tambahrejo seusai kegiatan pendampingan warga. (suaramerdeka.com / Hari Santoso)
Tim dosen UIN Walisongo, bertemu dengan pengurus BUMDes dan perangkat Desa Tambahrejo seusai kegiatan pendampingan warga. (suaramerdeka.com / Hari Santoso)

KENDAL, suaramerdeka.com - Salah satu sumber kegiatan ekonomi andalan desa adalah badan usaha milik desa (BUMDes). Tak hanya bertujuan komersial, lembaga ini didirikan untuk kesejahteraan masyarakat desa.

"BUMDes didirikan memang peningkatan ekonomi masyarakat, mengoptimalkan sumber daya alam dan menjadi alat pemerataan ekonomi. Perlu kiranya lembaga ini diberi penguatan,” kata Dosen UIN Walisongo Anis Fittria, kepada Suaramerdeka.com, di Desa Tambahrejo, Kecamatan Pageruyung, Kendal kemarin.

Dia berada di tempat itu untuk memberikan pendampingan kepada masyarakat.

Diselenggarakannya pelatihan manajemen sumber daya manusia (SDM) dan digitalisasi sebagai bentuk kepedulian mendukung peningkatan kinerja BUMDes Rizki Amanah Desa Tambahrejo.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Semarang Hari Ini: Cerah Berawan Sepanjang Hari

Hadir perangkat desa dan penggerak BUMDes Rizki Amanah. Anis Fitria menuturkan, pelatihan tersebut dilakukan sebagai wujud penerapan nilai Tri Dharma perguruan tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat.

“Program pengabdian masyarakat dosen ini mendapatkan dukungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Walisongo. Besar manfaatnya bagi kami dan juga masyarakat."

"Manfaat yang kami terima adalah bisa berbagi ilmu dan mendapatkan pengalaman, sedang masyarakat akan mendapatkan ilmu dan pemecahan kendala atas berbagai permasalahan yang dialami,” tutur dosen Kewirausahaan ini.

Di hadapan para warga penggerak BUMDes, Anis juga menerangkan alasan mengapa dirinya mengabdi di BUMDes Rizki Amanah tersebut. Menurutnya, BUMDes ini memiliki potensi besar ke depan.

Baca Juga: AS Roma ke Fase Grup Europa Conference League, Menang 3-0 Atas Trabzonspor

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PBI UPGRIS Sukses Gelar 3 Program Kampus Merdeka

Selasa, 26 Oktober 2021 | 20:22 WIB
X