Mahasiswa IAIN Salatiga Diminta Cepat Beradaptasi dan Berinovasi

- Kamis, 26 Agustus 2021 | 10:12 WIB
Rektor IAIN Salatiga Prof Dr Zakiyuddin Baidhawy MAg sampaikan materi kuliah umum yang diikuti mahasiswa baru secara daring. (suaramerdeka.com / Surya Yuli P)
Rektor IAIN Salatiga Prof Dr Zakiyuddin Baidhawy MAg sampaikan materi kuliah umum yang diikuti mahasiswa baru secara daring. (suaramerdeka.com / Surya Yuli P)

SALATIGA, suaramerdeka.com - Direktur Pendidikan Tinggi, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Tatang Muttaqin PhD meminta mahasiswa baru IAIN Salatiga agar cepat beradaptasi dan terus berinovasi menghadapi tantangan zaman.

''Di saat pandemi seperti sekarang dan di tengah cepatnya perkembangan teknologi, generasi muda khususnya mahasiswa harus bisa cepat beradaptasi dan terus mengembangkan inovasi,'' kata Tatang saat kuliah umum bertema Peluang Mahasiswa IAIN Salatiga Era Milenial di Tingkat Nasional dan Internasional, secara, kemarin. Webinar diikuti 2.942 mahasiswa baru dari program sarjana S1.

Menurut Tatang, mahasiswa harus menguasai top skill agar dapat bertahan di era revolusi industri 4.0.

Agar bisa terus survive dan menjadi pribadi yang sukses, setidaknya ada empat skill yang harus dikuasai.

Baca Juga: Rutan Salatiga Miliki Ruang Layanan Terpadu bagi Masyarakat dan Warga Binaan

Yakni kemampuan memecahkan masalah, kemampuan manajemen diri, kemampuan bekerja sama dengan orang lain, dan kemampuan untuk menggunakan dan mengembangkan teknologi.

Tidak hanya itu, soft skill dan perilaku yang baik juga perlu dikembangkan. Mahasiswa PTKIN, khususnya di IAIN Salatiga juga wajib memiliki akhlak mulia.

Menurut data, 90 persen pemecatan di tempat kerja terjadi karena attitude yang buruk dan 30 persen orang yang gagal dalam bisnisnya adalah orang yang tidak amanah.

Adapun 80 persen dari kesuksesan orang ditentukan oleh emotional quotient dan sisanya adalah intellectual quotient.

Baca Juga: Kesadaran pada Isu Gender, Perguruan Tinggi Harus Bisa Jadi Pelopor

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

STIE AMA Salatiga Dijadikan Kampus Berbasis Wirausaha

Senin, 5 Desember 2022 | 22:41 WIB

Manfaatkan Kemasan Produk, Dosen FE USM Bekali UMKM

Sabtu, 3 Desember 2022 | 11:42 WIB

Floria Juara 1 dalam Expo Hari Pangan di USM

Rabu, 30 November 2022 | 15:13 WIB
X