Kreatif, Mahasiswa UNISRI Sulap Daun Kelor jadi Kerupuk Nasi

Red
- Sabtu, 21 Agustus 2021 | 19:11 WIB
Pelatihan manfaatkan daun kelor menjadi krupuk. (suaramerdeka.com/dok)
Pelatihan manfaatkan daun kelor menjadi krupuk. (suaramerdeka.com/dok)

KARANGANYAR, suaramerdeka.com - Mahasiswi Universitas Slamet Riyadi Surakarta mengadakan Penyuluhan dan Pelatihan pembuatan produk krupuk nasi subtitusi daun kelor, yang bertempat di Rumah Ibu RT.05 RW.07 Dukuh Lemahbang, desa Bulurejo, kecamatan Godangrejo Kabupaten Karanganyar.

Penyuluhan dan Pelatihan ini di sampaikan oleh Fazriah Eva Indriyani dari Fakultas Teknologi dan Industri Pangan UNISRI Kelompok 33 dengan Dosen Pembimbing Lapangan esti aryani, SH , MH, dan Dosen Pembimbing Ir. Saiful bahri, M.Kom.

Penyuluhan dan pelatihan ini di ikuti oleh ibu-ibu PKK Dukuh Lemahbang, Desa Bulurejo, Kecamatan Godangrejo, Kabupaten Karanganyar.

Kegiatan pelatihan dan penyuluhan ini bertujuan untuk menambah keterampilan serta meningkatkan kreativitas masyarakat khusunya ibu-ibu PKK di Dukuh Lemahbang dalam membuat produk dengan bahan daun kelor.

Baca Juga: Mahasiswa KKN Undip Pasang Wastafel Portabel Serta Serahkan Modul Pembukuan Sederhana

Dengan demikian daun kelor yang dijadikan bahan untuk membuat lauk sehari-hari bisa dimanfatkan sebagai bahan subtitusi untuk membuat krupuk nasi.

Dan pembuatan krupuk nasi subtitusi daun kelor juga bisa memanfaatkan nasi sisa yang biasanya hanya di jadikan pakan ternak.

Sehingga dapat menambah nilai ekonomi dan nilai guna dari daun kelor, karena daun kelor juga memiliki kandungan atioksidan yang baik untuk imun tubuh di masa pandemi saat ini.

Selain itu kegiatan Penyuluhan dan pelatihan ini juga bertujuan untuk mengenalkan dan mengganti pemakaian boraks/bleng yang biasanya digunakan untuk membuat krupuk nasi (karak) dengan menggunakan STTP (sodium tripolyphosphate) yang lebih aman dan sudah di izin kan penggunaanya oleh BPOM.

Baca Juga: FIK Unnes Pecahkan Rekor Muri untuk Senam Stay at Home, Menpora sebagai Pemrakarsa Raih Penghargaan

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

Jurnal Akta Unissula Peroleh Akreditasi Sinta 2

Rabu, 26 Januari 2022 | 08:48 WIB

Begini Kriteria Calon Rektor Unnes Periode 2022-2026

Jumat, 21 Januari 2022 | 17:16 WIB
X