Mahasiswa KKN Undip Pasang Wastafel Portabel Serta Serahkan Modul Pembukuan Sederhana

- Sabtu, 21 Agustus 2021 | 08:24 WIB
Mahasiswa KKN Undip memasang wastafel fortabel dan Covid-Kits kepada warga RT 01 RW 03 Jatingaleh. (suaramerdeka.com / Agus Fathuddin)
Mahasiswa KKN Undip memasang wastafel fortabel dan Covid-Kits kepada warga RT 01 RW 03 Jatingaleh. (suaramerdeka.com / Agus Fathuddin)

SEMARANG, suaramerdeka.com – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (Undip) Tim II dipimpin Kiara Sabila Haque belum lama ini melakukan pengabdian masyarakat setingkat desa RT 01 RW03 Kelurahan Jatingaleh, Kecamatan Candisari, Kota Semarang.

"Dalam rangka ikut membantu mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah itu, kami bersama teman-teman di bawah arahan Dosen Pembimbing Lapangan Ir Wahju Krisna Hidajat MT berinisiatif memasang wastafel fortabel dan membagikan Covid-Kits terdiri masker, handsanitizer, sabun dan lain-lain,’’ kata Kiara.

Kepada warga Jatingaleh mereka juga melakukan serta edukasi mengenai pentingnya tertib dalam melakukan protokol kesehatan dengan gerakan 5M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan dan Membatasi Mobilitas).

‘’Masyarakat sebenarnya sudah tahu pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tetapi dalam praktiknya masih terdapat pedagang yang belum tertib antara lain tetap berjualan diatas pukul 20.00,’’ katanya.

Baca Juga: FIK Unnes Pecahkan Rekor Muri untuk Senam Stay at Home, Menpora sebagai Pemrakarsa Raih Penghargaan

Kiara mengakui, meski sangat kecil namun setidak-tidaknya mahasiswa KKN Undip ikut ikhtiar mengupayakan memutus rantai penularan dengan berbagai kegiatan beneficial yang bermanfaat untuk warga Jatingaleh.

Dia merasa bersyukur karena dalam proses membuat wastafel fortabel warga setempat terutama remaja Karang Taruna antusias membantu .

"Kami menempatkan empat titik wastafel fortabel yaitu di Poskamling RT01, depan gang, pertengahan gang dan belakang gang dengan tujuan di setiap titik akan bermanfaat untuk warga yang keluar rumah," tuturnya.

Kegiatan sosial lainnya yang dilakukan tim KKN Undip yaitu pelatihan sekaligus penyerahan modul pembukuan sederhana kepada pelaku usaha Ayam Geprek Gembul.

Baca Juga: SPBG Kaligawe Diresmikan, Wujud Komitmen Pemerintah Tingkatkan Pemanfaatkan Gas Bumi

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Kriteria Calon Rektor Unnes Periode 2022-2026

Jumat, 21 Januari 2022 | 17:16 WIB
X