Uji Turnitin Gratis untuk Cegah Plagiarisme

- Kamis, 19 Agustus 2021 | 19:08 WIB
WEBINAR : Webinar tentang pentingnya kebijakan plagiarism penelitian digelar Politeknik Bina Trada Semarang, belum lama ini. (suaramerdeka.com/dok)
WEBINAR : Webinar tentang pentingnya kebijakan plagiarism penelitian digelar Politeknik Bina Trada Semarang, belum lama ini. (suaramerdeka.com/dok)



SEMARANG, suaramerdeka.com - Politeknik Bina Trada Semarang membuka uji turnitin secara gratis. Ini untuk mendukung gerakan mengurangi plagiarisme dengan pengecekan hasil karya penelitian dosen, peneliti dan mahasiswa.

Turnitin merupakan program yang digunakan untuk menguji keaslian karya tulis, karya ilmiah, skripsi, thesis dan disertasi. Memiliki database atau arsip redaksi yang lengkap dan sangat besar.

''Politeknik Bina Trada Semarang ingin ikut berpartisipasi menghindari plagiarism terhadap hasil karya penelitian yang akan disampaikan kepada publik. Karena itu, kami membuka pengecekan hasil karya penelitian bagi dosen, peneliti dan mahasiswa secara gratis,'' ujar Plt Direktur Politeknik Bina Trada, Dr dr Awal Prasetyo.

Baca Juga: PJJ Sarat Beban Tugas, Dewan Pendidikan Imbau Siswa Cukup Terima Materi Esensial Saat Daring

Ini disampaikannya, dalam Webinar tentang pentingnya kebijakan plagiarism penelitian, belum lama ini. Dalam webinar itu, menghadirkan Prof Dr Supriyadi Rustad, MSi, narasumber yang berkompeten di bidang penelitian dan Sugeng Priyanto, SS, MIP, di bidang perpustakaan.

Sementara itu, prof Supriyadi menekankan pentingnya integritas penelitian. Disampaikannya, seorang mahasiswa dalam membuat hasil akhir karya penelitian harus menghindari cara-cara fabrikasi, falsifikasi dan plagiat.

Dia menambahkan, penerapan penelitian oleh perguruan tinggi menekankan kembali bahwa integritas itu bukan ilmu, melainkan "ngelmu". Artinya tidak hanya mencakup mengenai teori saja melainkan juga harus diwujudkan dalam tindakan.

''Plagiarisme di Indonesia masih sering terjadi, baik itu pada penelitian maupun karya tulis ilmiah. Karena itu, perlu ada langkah pencegahan,'' tambahnya.

Baca Juga: Nggak Mau Kalah sama yang Muda, Intip yang Tetap Cantik di Usia Senja

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PBI UPGRIS Sukses Gelar 3 Program Kampus Merdeka

Selasa, 26 Oktober 2021 | 20:22 WIB
X