Teliti LSM dan Ormas, Edi Pranoto Raih Doktor dari Untag

- Minggu, 15 Agustus 2021 | 18:35 WIB
Edi Pranoto foto bersama dengan para penguji setelah berhasil meraih doktor pada Program Studi Hukum Program Doktor (PSHPD) Fakultas Hukum Untag Semarang. (suaramerdeka.com / dok)
Edi Pranoto foto bersama dengan para penguji setelah berhasil meraih doktor pada Program Studi Hukum Program Doktor (PSHPD) Fakultas Hukum Untag Semarang. (suaramerdeka.com / dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Penelitian terhadap Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas), membuahkan gelar doktor bagi Edi Pranoto SH MHum pada Program Studi Hukum Program Doktor (PSHPD) Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Semarang.

Ujian promosi doktor digelar secara langsung dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dan virtual di kampus Untag Bendan Dhuwur Semarang, Sabtu 14 Agustus 2021.

Dalam disertasinya, Edi Pranoto menyatakan, LSM dan ormas merupakan dua nomenklatur yang jelas berbeda.

Hal ini dapat dilihat dari landasan yuridis, filosofis, dan sosiologis, yang menyatakan keduanya merupakan dua entitas yang berbeda.

Baca Juga: Kajati Jateng Raih Doktor Suguhkan Penelitian Sanksi Pidana Pajak

“Sejak terbit Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan, LSM harus tunduk pada UU tersebut,” kata mantan Koordinator Bidang Kelembagaan KPID Jawa Tengah itu.

Berdasarkan temuan disertasinya, Edi Pranoto yang juga dosen Untag Semarang itu merekomendasikan agar pemerintah bersama DPR segera merevisi undang-undang tentang ormas dengan mengeluarkan ketentuan mengenai organisasi bentukan masyarakat yang tidak berbasis anggota dengan nomenklatur LSM.

Dengan demikian, peraturan perundang-undangan tentang lembaga swadaya masyarakat segera diterbitkan secara mandiri dan terpisah dari UU organisasi kemasyarakatan.

Keberhasilan meraih gelar doktor ini tidak lepas dari arahan dan bimbingan Rektor Undip Prof Dr Yos Johan Utama SH MHum selaku promotor dan Dr Mahfudz Ali SH MSi sebagai co-promotor.

Baca Juga: Indonesia Emas 2045, Untag Gelar Rangkaian Webinar Nasional

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PBI UPGRIS Sukses Gelar 3 Program Kampus Merdeka

Selasa, 26 Oktober 2021 | 20:22 WIB
X