Dengan Semangat Merdeka Belajar, Keterbatasan Ekonomi Jangan Jadi Penghambat Akses Pendidikan

- Rabu, 18 Agustus 2021 | 16:48 WIB
merdeka belajar. (suaramerdeka.com / dok)
merdeka belajar. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Keterbatasan ekonomi tidak boleh menjadi penghalang dalam mendapatkan akses pendidikan untuk meraih mimpi dan cita-cita.

Sebagaimana program pendidikan "Merdeka Belajar", harus dimaknai dengan memberikan akses dan kesempatan belajar yang seluas-luasnya bagi seluruh anak Indonesia.

Setidaknya itu yang dialami oleh Wahyu Raihan, alumnus Sekolah Global Sevilla. Kini, dia bisa melanjutkan pendidikan jurusan Seni Murni di Institut Seni Indonesia, Bandung.

Baca Juga: Wujud Pengabdian, Siswa SIPSS Akpol Salurkan Bantuan kepada Warga Terdampak Covid-19

Wahyu adalah seorang anak yang berasal dari keluarga sederhana. Ayahnya hanya berprofesi sebagai teknisi air conditioner, sementara sang ibu hanyalah ibu rumah tangga.

Meski dengan kondisi ekonomi tersebut, orang tuanya tetap mengutamakan pendidikan, serta mendukung minat dan bakat dari Wahyu.

Namun, berbekal hasil ujian SD yang kurang memuaskan, dia tidak memenuhi syarat untuk melanjutkan ke SMP Negeri. Lantaran tidak memiliki biaya yang cukup untuk masuk ke sekolah swasta, orang tuanya kemudian memasukkan ke Yayasan Cinta Anak Bangsa.

Hingga akhirnya saat akan melanjutkan ke jenjang SMA, ternyata Yayasan Cinta Anak Bangsa menjalin program beasiswa dengan Sekolah Global Sevilla, bagi siswa berprestasi. Mengetahui hal itu, Wahyu tak ingin menyia-nyiakan, hingga akhirnya mendapatkan beasiswa tersebut.

Baca Juga: Aktivitas Warga Dilonggarkan, Ini 3 Strategi Singapura Kendalikan Covid-19

"Dengan latar belakang keluarga dengan ekonomi menengah bawah, saya sangat bersyukur mendapatkan pendidikan yang cukup memadai. Dengan adanya hal ini bisa menjadi kesempatan emas bagi saya untuk dapat meningkatkan derajat keluarga," ungkap Wahyu.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Mengenal Komunitas Sahabat Disabilitas Semarang

Rabu, 17 November 2021 | 16:53 WIB

PCINU Tiongkok Dipilih, Sebarkan Moderasi Beragama

Senin, 15 November 2021 | 19:14 WIB
X