HUT Ke-76 RI, Unika Selenggarakan Upacara Secara Virtual

- Selasa, 17 Agustus 2021 | 23:08 WIB
Unika Soegijapranata menyelenggarakan upacara HUT ke-76 Republik Indonesia, yang dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes), Selasa (17/8). (SM/Muhammad Arif Prayoga)
Unika Soegijapranata menyelenggarakan upacara HUT ke-76 Republik Indonesia, yang dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes), Selasa (17/8). (SM/Muhammad Arif Prayoga)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Unika Soegijapranata turut menyelenggarakan upacara Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia.

Upacara tersebut dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes). Kegiatan tersebut diikuti oleh civitas akademika Unika menggunakan perangkat digital dan disajikan dalam ruang virtual, melalui zoom dan youtube.

Bahkan, kegiatan juga diikuti para mahasiswa baru yang akan memasuki awal tahun studi di kampus Unika.

Baca Juga: Faith Abe Tanaya (Semarang) Raih Peringkat 5 Dunia pada Kompetisi Koding Anak

Rektor Unika Soegijapranata, Prof Dr F Ridwan Sanjaya dalam sambutannya di kegiatan upacara HUT ke-76 RI menyampaikan, masyarakat kembali diingatkan tentang makna perjuangan yang tangguh untuk bisa bertumbuh di masa pandemi Covid-19.

''Kemerdekaan bangsa Indonesia berhasil diwujudkan 76 tahun lalu, tentu tidak mudah dan membutuhkan perjuangan serta pengorbanan. Seperti halnya saat ini, kita juga sudah hampir satu setengah tahun menghadapi pandemi Covid-19 tentu juga tidak mudah. Namun karena kita menaati prokes dan saling menjaga dengan 'jogo tonggo’ atau jaga RT dan sebagainya, maka kita bisa melewati masa satu tahun ini dengan baik,'' ucap dia, Selasa (17/8).

Satu tahun ini, kata Prof Dr Ridwan, menjadi pembuktian bahwa Unika telah bekerja sama dan bergotong royong melakukan pelayanan yang terbaik untuk orang-orang di sekitar, sehingga bisa bertahan dari keadaan pandemi ini.

Termasuk mahasiswa baru yang mengikuti upacara pengibaran bendera di ruang virtual. Hal tersebut juga tercermin dalam tema peringatan HUT Kemerdekaan ke-76, yaitu jika Indonesia Tangguh maka Indonesia akan Tumbuh.

Demikian pula yang dialami Unika, dengan menjadi tangguh maka bisa menjalani masa pandemi dengan baik dan akan bertumbuh dari segala sisi.

''Warga Unika pada hari ini, baik dosen maupun tenaga kependidikan, menggunakan kostum baru bermotif kawung kitiran. Maknanya menunjukkan bahwa warga Unika tetap terdorong atau termotivasi untuk berkembang dan menjadi manusia yang bermakna, serta berguna bagi orang-orang di sekitarnya. Warga Unika juga dituntut adaptif dan bermetamorfosa menyosong perubahan zaman, seperti semangat yang terkandung dan dihidupi Mgr Alb Soegijapranata,'' tutur dia.

Baca Juga: Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Menangi Kompetisi Ide Terbaik Bangkit 2021

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

X