Ini Sejarah Dibentuknya Paskibraka, Berawal dari Lima Pemuda

- Selasa, 17 Agustus 2021 | 09:16 WIB

SEMARANG, suaramerdeka.com - Sebanyak 68 pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) nasional 2021 telah dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo.

Mereka merupakan putra-putri terpilih pelajar SMA dari 34 provinsi di Tanah Air. Setiap Provinsi mengirimkan 2 wakil putra putri terbaiknya.

Tahu kah, sejarah dibentuknya Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) muncul pada tahun 1946.

Cerita panjang tersebut kemudian tertuang dalam Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga RI Nomor 14 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga Nomor 0065 Tahun 2015 tentang Penyelanggaran Kegiatan Pengibar Bendera Pusaka.

Dalam aturan itu disebutkan bahwa Paskibraka lahir bersamaan dengan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang dikumandangkan di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56, Jakarta, pada Jumat, 17 Agustus 1945 tepat pukul 10.00 pagi.

Bermula saat Presiden Soekarno memanggil ajudannya yaitu Mayor Husein Mutahar untuk mempersiapkan upacara kenegaraan peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1946 di halaman Istana Presiden Gedung Agung Yogyakarta.

Mayor Husein Mutahar berpikir bahwa untuk menumbuhkan rasa persatuan bangsa, Pengibaran Bendera Pusaka sebaiknya dilakukan oleh para pemuda Indonesia.

Kemudian dia menunjuk lima orang pemuda, yang terdiri dari 3 orang putri dan 2 orang putra, sebagai perwakilan daerah yang berada di Yogyakarta untuk melaksanakan pengibaran Bendera Pusaka.

Akan tetapi, istilah Paskibraka sebenarnya baru dicetuskan pada tahun 1973, yang dirumuskan oleh Idik Sulaeman yang tidak lain adalah adik Husein Mutahar.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X