Kembangkan Pemasaran Batik Matematika, Dosen FSM UKSW Terima Hibah PPUPIK

- Minggu, 15 Agustus 2021 | 19:20 WIB
Dosen Matematika FSM UKSW, Dr Hanna Arini Parhusip, di antara karya Batima kreasi dan inovasinya. (SM/Surya Yuli P)
Dosen Matematika FSM UKSW, Dr Hanna Arini Parhusip, di antara karya Batima kreasi dan inovasinya. (SM/Surya Yuli P)

SALATIGA, suaramerdeka.com - Dosen Matematika Fakultas Sains dan Matematika (FSM) UKSW, Dr Hanna Arini Parhusip, kembali menerima hibah Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus (PPUPIK) Kemendikbud-Ristek pada 2021 ini.

Kegiatan PPUPIK ini merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan semangat kewirausahaan, sesuai dengan bidang ilmu yang diberikan kepada mahasiswa.

Hanna Arini Parhusip mengatakan, matematika merupakan salah satu bidang ilmu yang diberikan di FSM UKSW dan telah dikembangkan sejak 2013. Pada tahun 2020 dia mendapat hibah dan kepercayaan melaksanakan kegiatan PPUPIK.

Baca Juga: Usung Konsep Reborn, PAN Jateng Patok Target Tinggi di 2024

''Kami mengembangkan batik inovasi matematika/mathematical art in batik (Batima) dan ornament decorative mathematics (Odema), seperti aksesori dari perak, tembaga, dan suvenir seperti gelas, tas dan gantungan kunci,'' kata Hanna, kemarin.

Kegiatan PPUPIK tahun 2020 telah menggandeng kerja sama UMKM lokal Salatiga, Solo, Semarang, Purwokerto dan Yogyakarta. Pada tahun 2021, PPUPIK melakukan lebih banyak aktivitas pemasaran, bekerja sama dengan Manajemen Wisata Dusun Semilir, Bawen.

Mereka memberikan kesempatan kepada Tim PPUPIK UKSW, yang diketua Hanna untuk menjadi salah satu tenan. Oleh karena kondisi pandemi berlanjut dengan berbagai PPKM , maka kegiatan pemasaran pada Dusun Semilir belum signifikan. Upaya pemasaran melalui market place dilakukan pada tahun 2020 maupun tahun 2021.

Pada tahun 2020 Hanna telah memiliki lima hak cipta bersama Agnes Dhika, mahasiswa matematika FSM angkatan 2019. Lalu menerbitkan buku bersama Dhenny Indrajaya, mahasiswa angkatan 2018, dengan penerbit Andi Offset Jogjakarta.

Baca Juga: Tim Yandu KJRI Jeddah dalam Dua Hari Layani Lebih dari 250 Pemohon

Pada tahun 2021 ini PPUPIK juga akan menghasilkan hak cipta dan buku bersama mahasiswa kembali.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Mengenal Komunitas Sahabat Disabilitas Semarang

Rabu, 17 November 2021 | 16:53 WIB

PCINU Tiongkok Dipilih, Sebarkan Moderasi Beragama

Senin, 15 November 2021 | 19:14 WIB

PTKIS Berbasis Riset, Mungkinkah?

Rabu, 10 November 2021 | 14:17 WIB
X