Inovasi SD Muhammadiyah Kutoarjo: Ciptakan Pembelajaran 'My Tematik', Kembangkan 'Si Cupin'

- Sabtu, 14 Agustus 2021 | 12:10 WIB
Kepala SD Muhammadiyah Kutoarjo bersama guru memberikan penjelasan kepada Tim Monitoring Kabupaten Purworejo terkait inovasi pembelajaran tematik. (suaramerdeka.com/ Aris Himawan)
Kepala SD Muhammadiyah Kutoarjo bersama guru memberikan penjelasan kepada Tim Monitoring Kabupaten Purworejo terkait inovasi pembelajaran tematik. (suaramerdeka.com/ Aris Himawan)

PURWOREJO, suaramerdeka.com - Di masa pandemi Covid-19, sekolah dituntut untuk melakukan pembelajaran tematik. Salah satunya di SD Muhammadiyah Kutoarjo, Purworejo.

SD ini mempunyai inovasi pembelajaran bernama “My Tematik”. Inovasi tersebut sudah dirintis dari bulan Maret 2020 dan baru dapat direalisasikan dalam bentuk aplikasi pada bulan Juli 2021.

Kepala SD Muhammadiyah Kutoarjo, Suprayitno SPd mengatakan, aplikasi tersebut masih digunakan internal SD Muhammadiyah Kutoarjo.

"Di dalam aplikasi My Tematik memuat pembelajaran interaktif, evaluasi dan video interaksi dengan guru. Akan tetapi, fitur video belum dapat dipakai karena memakan ruang penyimpanan yang besar pada ponsel pintar," kata Suprayitno kepada suaramerdeka.com, Sabtu (14/8).

Baca Juga: Erick Thohir Sebut UMKM dan BUMN Tulang Punggung Ekonomi

Selain inovasi My Tematik, SD Muhammadiyah Kutoarjo juga mengembangkan inovasi “Si Cupin” (Cuci Tangan Pintar).

Inovasi tersebut berbasis pada inovasi dengan sistem sensorik, dengan perintah-perintah otomatis yang terekam dalam alat.

"Ini sebagai bentuk langkah kita dalam mencegah penularan penyakit Covid-19," ujarnya.

Proses pembelajaran tematik dan inovasi lainnya ini telah didaftarkan dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 dan telah dilakukan monitoring dari Tim Kabupaten Purworejo.

Baca Juga: Pengelolaan Lingkungan Perlu Partisipasi Masyarakat dari Berbagai Kalangan

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PTM Terbatas, Tantangan Baru bagi Guru dan Siswa

Minggu, 24 Oktober 2021 | 22:48 WIB
X