Manfaatkan Kemasan Produk, Dosen FE USM Bekali UMKM

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 11:42 WIB
Dosen FE USM bekali UMKM di Kelurahan Kramas Tembalang Kota Semarang. / suaramerdeka.com
Dosen FE USM bekali UMKM di Kelurahan Kramas Tembalang Kota Semarang. / suaramerdeka.com

SEMARANG, suaramerdeka.com - Berkembangnya UMKM di Kelurahan Kramas Tembalang Kota Semarang dapat mendongkrak kondisi perekonomian di tingkat Kelurahan. Hal inilah yang mendorong para dosen Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Semarang untuk memberikan pembekalan kepada pelaku UMKM dengan memanfaatkan produk kemasan produk di Balai Kelurahan Kramas Kecamatan Tembalang baru-baru ini.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat para dosen USM ini diikuti oelh 31 UMKM kuliner di Kecamatan Tembalang.

Lurah Kramas Yulistiyono, S.E..M.M dalam sambutan pembukaan mengatakan bahwa permasalahan umum yang dihadapi UMKM adalah masih belum adanya sentuhan ilmu pemasaran yang baik sehingga keuntungan dari pelaku UMKM tidak optimal walaupun sudah dapat mencukupi kebutuhan para pelaku UMKM.

Baca Juga: Webe Gallery Grand Opening, Luncurkan Enam Merek Tas Anyar

Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Semarang terdiri dari Dr. DC Kuswardani, M.M. dengan beranggotakan Drs.Wawan Setiawan, M.M. dan Lusa Mara, S.E.,M.M.

“Kami memahami permasalahan yang dihadapi UMKM sehingga kami tindaklanjuti dengan memberikan pembekalan kepada 31 UMKM kuliner tentang manfaat kemasan produk yang dapat mendongkrak nilai jual sehingga mendatangkan keuntungan,” ungkap Wawan salah satu dosen FE USM.

“Tim PKM membekali mulai dari perencanaan pemasaran, desain kemasan, langkah pembuatan kemasan sampai bagaimana menyajikannya dan siap untuk dipasarkan,” tambah Wawan.

Baca Juga: JAS MERAH!!! Farel Prayoga Dituding Cuekin Masa Lalu, Siapa Sebenarnya Agung Blarak ???

Sementara DC Kuswardani menegaskan bahwa kegiatan PKM seperti ini harus dilaksanakan secara berkelanjutan dengan metode pendampingan agar para pelaku UMKM terampul dalam mengemas produk-produk yang dihasilkan. Untuk itu kegiatan ini harus dijadikan peluang kerjasama antara FE USM dengan UMKM di Kelurahan Kramas agar diperoleh keuntungan dikeduabelah pihak.***

Editor: Jati Prihatnomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X