Lembaga Bimbel Didorong Manfaatkan Platform Digital, Akademisi Unnes Beri Pendampingan Exains

- Sabtu, 26 November 2022 | 16:28 WIB
Sejumlah dosen dari Jurusan Teknik Sipil Unnes saat melakukan pendampingan di kantor Bimbel Exains, Jl Bedagan 481, Sekayu, Semarang Tengah, Kota Semarang, Sabtu 26 November 2022.
Sejumlah dosen dari Jurusan Teknik Sipil Unnes saat melakukan pendampingan di kantor Bimbel Exains, Jl Bedagan 481, Sekayu, Semarang Tengah, Kota Semarang, Sabtu 26 November 2022.

SEMARANG, suaramerdeka.com - Sejumlah akademisi dari Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Semarang (Unnes) mendorong pemanfaatan platform digital bagi lembaga bimbingan belajar (Bimbel).

Pemanfaatan layanan digital tersebut dinilai diperlukan untuk mempertahankan eksistensi Bimbel pada era digital, serta membantu dalam mengikuti perkembangan teknologi.

Dosen Jurusan Teknik Sipil Unnes, Dr Alfa Narendra MT mengatakan, dengan upaya tersebut, suatu Bimbel diharapkan dapat bertahan dan mengalami peningkatan dengan mengikuti perkembangan media dan teknologi.

Baca Juga: Suara Merdeka Network (SMN) Berbagi Pengetahuan, Kunjungan Awak REM Unnes

"Ini bagian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kami melakukan pendampingan kepada manajerial atau kepengurusan pada Bimbel Exains, untuk masuk pada layanan digital," kata Alfa yang juga sebagai ketua tim pengabdi di kantor Bimbel Exains, Jl Bedagan 481, Sekayu, Semarang Tengah, Kota Semarang, Sabtu 26 November 2022.

Alfa menjelaskan, pendampingan tersebut terkait platform digital yang dapat digunakan sebagai sarana pelayanan, melakukan survei terhadap beberapa siswa Exains terkait kecenderungan platform yang diminati oleh siswa.

Kemudian berkenaan juga dengan proses digitalisasi arsip pembelajaran, melakukan analisis media platform yang digunakan, hingga pembangunan platform digital serta publikasi dan pemasaran.

Baca Juga: Mantap SMN dan Unnes Makin Bersinergi, Siap Loss Strum

Adapun tim pengabdian kepada masyarakat ini juga beranggotakan Alfita Ilfiyaningrum MT, serta Safira Wulan Meilinda. Para dosen dibantu sejumlah mahasiswa, antara lain Gilang Prasojo, Mulya Kartiko Nugraha, dan Muhammad Nauval Ibrahim.

Menurut Alfa, pada era digital ini, masyarakat lebih terfokus dengan platform digital. Sehingga usaha baik barang maupun jasa, harus mengikuti arus kecenderungan konsumen. Demikian pula dengan suatu Bimbel, yang juga harus mengikuti kecenderungan dan tren pasar yang diikuti konsumen.

Halaman:

Editor: Eko Fataip

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Konsep Green Business Jadi Bahasan Riset!

Selasa, 31 Januari 2023 | 12:16 WIB

UPGRIS Jajaki Kerja Sama Perguruan Tinggi Thailand

Sabtu, 28 Januari 2023 | 22:33 WIB
X