JISC, Ajang Pertukaran Budaya dan Perkuliahan Manca Negara

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 23:31 WIB
 (Riono Toepra)
(Riono Toepra)

TEGAL, suaramerdeka.com - Gelaran bertajuk ''Joint International Summer Camp'' (JISC) 2021, yang diinisiasi Kepala Kerja sama Internasional UPS Tegal, Dr Yoga Prihatin MPd, dan merupakan program unggulan ADRI Jateng, benar-benar menjadi ajang pertukaran dan pengenalan budaya sejumlah bangsa.

Tak hanya itu, kegiatan yang dihelat pada akhir pekan lalu, juga menjadi daya tarik 320 peserta yang terdiri atas mahasiswa dan praktisi maupun ahli di berbagai bidang, dari manca negara.

Antara lain, agar saling mengenal, mengkaji dan menyerap budaya akademik atau perkuliahan, yang berkembang di tiap perguruan tinggi, di negaranya masing-masing.

Baca Juga: FH Unnes Lakukan Pelatihan Pendaftaran Merek UMKM, Tingkatkan Penjualan dan Perlidungan Produk

''Peserta dari luar negeri, seperti dari India, Ghana, Thailand, Malaysia, Philipna, Yordania dan Mesir, sangat tertarik dengan keragaman budaya yang ditampilkan dalam kegiatan ini, yang digelar secara virtual dengan aplikasi webinar  zoom meeting,'' terang Dr Yoga Prihatin MPd, yang juga Kepala Divisi Hubungan Internasional ADRI Jateng.

Sebaliknya, peserta dari tanah air, seperti mahasiswa dan dosen dari Universitas Pancasakti (UPS) Tegal, Universitas Ivet Semarang, Universitas Kadiri, dan STIE Widya Gama Lumajang, cukup antusias dalam menyajikan budaya daerahnya, dan keunikan budaya akademik di perguruan tingginya.

Bahkan untuk menyangatkan keberagaman, UPS Tegal tak hanya menyajikan penampilan budaya khas daerah pesisir pantai utara Jawa, tapi menghadirkan dua mahasiswa asal Mesir yang kini tengah berkuliah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis perguruan tinggi tersebut.

Baca Juga: Terima SK Mendikbud Ristek, STIKES Resmi Jadi Universitas Muhammadiyah Gombong

Yakni Hend Mohammad Sedqi sebagai pemateri serta Ahmad Mohammad Ibrahim sebagai moderator.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jurnal Akta Unissula Peroleh Akreditasi Sinta 2

Rabu, 26 Januari 2022 | 08:48 WIB

Begini Kriteria Calon Rektor Unnes Periode 2022-2026

Jumat, 21 Januari 2022 | 17:16 WIB
X