USM Gelar Talk Show Bahas Keefektifan Pembatasan BBM

- Jumat, 25 November 2022 | 16:37 WIB
USM Gelar Talk Show Bahas Keefektifan Pembatasan BBM. / suaramerdeka.com
USM Gelar Talk Show Bahas Keefektifan Pembatasan BBM. / suaramerdeka.com

SEMARANG, suaramerdeka.com - Universitas Semarang (USM) bersama PT. Pipa Mas Putih menggelar Talkshow yang bertajuk PIPAMAS ENERGY TALK dengan Tema "Sudah Efektifkah Pembatasan BBM?", pada Kamis 24 November 2022, di Ruang Telekonferensi, Gedung Menara USM.

Acara tersebut menghadirkan tiga narasumber diantaranya, Dekan Fakultas Hukum USM Dr Amri P Sihotang SS SH MHum, Sekretaris Wilayah Masyarakat Transportasi Indonesia Jawa Tengah Dr Alfa Narendra ST MT, Anggota Dewan Pakar Pusat Studi Energi UGM Agustina Merdekawati SH LLM, serta dimoderatori oleh Media and Communications Profesional Rudi Andanu.

Dalam sambutannya Kepala Satuan Hukum, Humas, dan Kerja Sama USM Gita Aprinta Ester Betseba Ssos Msi mengatakan, tujuan digelarnya talk show ini adalah untuk mengedukasi mahasiswa sedari dini sehingga mahasiswa dapat berpikir kritis dan dapat menyebarkan informasi ini secara umum.

Baca Juga: Madrasah Robotic Competition Digelar, Jaring Bakat Siswa Madrasah Di Bidang Robotika

"Bahan Bakar Minyak (BBM) merupakan suatu kebutuhan pokok, Perlu diketahui siapa yang berhak mendapatkan BBM bersubsidi agar tidak salah sasaran, maka dari itu sebagai mahasiswa harus memahami betul kebijakan-kebijakan dari pemerintah, dalam hal ini terkait pembatasan BBM, agar dapat berpikir kritis dan dapat menyebarkan informasi yang benar kepada masyarakat umum," ucapnya.

Selanjutnya dalam materinya Dekan FH USM, menjelaskan terkait pengertian BBM bersubsidi dan non subsidi.

"BBM subsidi merupakan bahan bakar minyak yang dibantu pemerintah melalui penggunaan dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Pemerintah terlibat langsung dalam menentukan harga BBM Pertamina sekaligus juga menjamin ketersediaannya di pasar domestik," jelasnya.

Baca Juga: 5 Polwan Nan Cantik Dan Humanis, Jadi Pingin Nikah Lagi Nih

"BBM non-subsidi adalah bahan bakar minyak yang diperjualbelikan tanpa adanya campur tangan pemerintah, seperti Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Dex, Dexlite, dan lain-lain," lanjut Dr Amri.

Kemudian Dr Amri menambahkan alasan mengapa harus ada subsidi BBM.

Halaman:

Editor: Jati Prihatnomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

STIE AMA Salatiga Dijadikan Kampus Berbasis Wirausaha

Senin, 5 Desember 2022 | 22:41 WIB

Manfaatkan Kemasan Produk, Dosen FE USM Bekali UMKM

Sabtu, 3 Desember 2022 | 11:42 WIB
X