Minimalkan Plagiarisme dalam Penulisan Karya Ilmiah, Sejumlah Akademisi Beri Pelatihan Khusus

- Kamis, 24 November 2022 | 12:44 WIB
(suaramerdeka.com/dok UPGRIS)
(suaramerdeka.com/dok UPGRIS)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Suatu tindakan plagiasi merupakan tindakan yang menciderai etika akademik. Oleh sebab itu, semua civitas akademika mulai dari dosen sampai mahasiswa harus menghindari tindakan plagiarisme agar marwah pendidikan tinggi mampu dijaga dengan baik.

Hal ini menjadi salah satu latarbelakang Dr Arso Setyaji SPd MHum, Dr Jafar Sodiq SPd MPd, Dr Rahmawati Sukmaningrum MPd, serta Faiza Hawa SPd MHum dalam melakukan pengabdian.

Kegiatan pengabdian yang mengangkat tema “Pelatihan Parafrase untuk Menghindari Perangkap Plagiarisme dalam Penulisan Karya Ilmiah" itu dilaksanakan di kampus IV Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), belum lama ini.

Baca Juga: Tiga Prodi UPGRIS Raih Akreditasi Unggul

Arso menyampaikan, salah satu upaya yang bisa dilakukan oleh civitas akademik untuk menghindari atau mengurangi plagiasi dalam publikasi karya ilmiah adalah dengan melatih skill parafrase.

“Parafrasa merupakan upaya penulis untuk mengungkapkan kembali suatu pernyataan penulis lain, baik berupa paragraf maupun kalimat menjadi bentuk lain yang berbeda struktur kalimat dan diksi, tanpa mengubah makna (ide/gagasan) yang terkandung di dalamnya,” kata Arso yang juga ketua tim.

Dengan mempertimbangkan manfaat paraprase untuk menghindarkan penulis dari jerat plagiarisme, maka tim pengabdi UPGRIS memberikan pelatihan pada mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Inggris kampus tersebut.

Baca Juga: Dosen UPGRIS Gelar Workshop Praproduksi Eduplay

Pelatihan diberikan kepada mereka yang sedang mengambil mata kuliah Skripsi untuk meningkatkan keterampilan parafrasa dan memaksimalkan fungsi paraphrasing tools sebagai alat bantu mahasiswa dalam proses parafrasa.

“Pelatihan ini dapat bermanfaat dengan bijak berbagai paraphrasing tools yang ada guna memudahkan proses parafrasa, sekaligus mampu melakukan parafrasa manual dengan beberapa langkah editing kalimat atau paragrap yang akan dikutip,” imbuhnya

Halaman:

Editor: Eko Fataip

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Manfaatkan Kemasan Produk, Dosen FE USM Bekali UMKM

Sabtu, 3 Desember 2022 | 11:42 WIB

Floria Juara 1 dalam Expo Hari Pangan di USM

Rabu, 30 November 2022 | 15:13 WIB
X