Gandeng Bank Sampah Induk Jepara, Mahasiswa KKN Undip Ajak Warga Sulap Sampah jadi Rupiah

- Kamis, 24 November 2022 | 11:52 WIB
Mahasiswa KKN Tematik Undip melaksanakan program Sosialisasi Pengolahan Limbah dan Inisiasi Bank Sampah di Desa Teluk Awur. (suaramerdeka.com / dok)
Mahasiswa KKN Tematik Undip melaksanakan program Sosialisasi Pengolahan Limbah dan Inisiasi Bank Sampah di Desa Teluk Awur. (suaramerdeka.com / dok)

JEPARA, suaramerdeka.com - Mahasiswa KKN Tematik Undip belum lama ini melaksanakan program Sosialisasi Pengolahan Limbah dan Inisiasi Bank Sampah di Desa Teluk Awur, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara.

Sosialisasi Tim KKN Undip turut dihadiri langsung para petinggi Desa Teluk Awur, perwakilan PKK induk, serta Karang Taruna Desa Teluk Awur.

Selain itu, Kegiatan tersebut didampingi perwakilan dari Bank Sampah Induk ”Berseri” Jepara sebagai narasumber.

Baca Juga: Pemulihan Ekonomi, Nusron Wahid: Pemerintah Tumbuhkan Kepercayaan Pengusaha NU

Desa Teluk Awur memiliki masalah sampah yang cukup signifikan, pasalnya sampah hanya ditumpuk di lahan terbuka tanpa pemilahan.

Pengelolaan sampah juga belum dilakukan dengan baik, bahkan di desa ini belum memiliki Tempat Pengelolaan Sampah (TPS).

Pada acara sosialisasi ini para peserta disuguhi materi mengenai upaya Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) termasuk di dalamnya juga tata-cara pemilahan dan pengelolaan sampah.

Baca Juga: Cukup Lakukan 3 Cara Mudah Ini, Dijamin Jerawat Kamu Akan Menghilang

Selain itu, peserta yang hadir dapat melihat langsung bagaimana proses pembuatan pupuk organik dengan memanfaatkan sampah rumah tangga yang dipraktekkan langsung oleh perwakilan dari Bank Sampah Induk.

Dengan bermodalkan Starter EM4, molase, serta alat yang cukup sederhana maka sampah dapat disulap menjadi pundi-pundi rupiah.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

STIE AMA Salatiga Dijadikan Kampus Berbasis Wirausaha

Senin, 5 Desember 2022 | 22:41 WIB

Manfaatkan Kemasan Produk, Dosen FE USM Bekali UMKM

Sabtu, 3 Desember 2022 | 11:42 WIB
X