FH Unnes Lakukan Pelatihan Pendaftaran Merek UMKM, Tingkatkan Penjualan dan Perlidungan Produk

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 20:45 WIB
Fakultas Hukum Unnes beri Pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan dan perlindungan produk UMKM melalui pendaftaran merek./suaramerdeka.com/dok
Fakultas Hukum Unnes beri Pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan dan perlindungan produk UMKM melalui pendaftaran merek./suaramerdeka.com/dok

PEMALANG, suaramerdeka.com - Tim pengabdian masyarakat Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang (Unnes) melaksanakan pendampingan terhadap pelaku UMKM Kabupaten Pemalang.

Pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan dan perlindungan produk UMKM melalui pendaftaran merek.

Ketua tim pengabdian masyarakat Dian Latifiani menjelaskan, pendampingan tersebut diberikan kepada salah satu kelompok UMKM yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Muslimah (ALISA) Khadijah Kabupaten Pemalang.

Kegiatan berlangsung dengan pembatasan peserta dan penerapan protokol kesehatan yang ketat dengan pemberian masker dan handsanitizer, alat tulis, serta pemberian buku saku kepada peserta.

Baca Juga: Nakes Khawatir Tularkan Virus, Psikolog: Bisa Ganggu Kesehatan Mental

Buku saku tersebut dibuat khusus oleh tim.Buku saku berjudul “Merek & UMKM: Perlindungan Produk UMKM Melalui Pendaftaran Merek” membahas mengenai Karakteristik Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Dian Latifiani yang merupakan dosen Fakultas Hukum Unnes menjelaskan, buku tersebut berisi Merek dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis; Merek dan UMKM; Jenis-Jenis UMKM; Langkah-Langkah Pendaftaran Merek; dan Peran Pemerintah Daerah dalam Pendaftaran Merek Bagi UMKM; dibagikan secara khusus kepada peserta sebagai bahan pelatihan dan pedoman dalam pendaftaran merek secara online.
 
Menurut Dian, peserta antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan serta pendampingan pendaftaran merek secara online bagi UMKM.

Hal tersebut terlihat pada saat proses penyampaian materi dan proses tanya jawab mengenai proses pendaftaran merek antara tim pengabdi dan peserta.

Baca Juga: Firli: Sikap Wawasan kebangsaan Pintu Gerbang Berantas Korupsi sampai ke Akar-akarnya

Peserta dipandu untuk mengecek merek produknya secara online untuk memastikan bahwa merek produk belum pernah didaftarkan oleh siapapun.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Kriteria Calon Rektor Unnes Periode 2022-2026

Jumat, 21 Januari 2022 | 17:16 WIB
X