Loker Kewirausahaan Berbasis IoT dan QRIS Minimalkan Kontak Fisik, Begini Caranya

- Rabu, 23 November 2022 | 18:28 WIB
Tim peneliti dan mahasiswa berfoto bersama saat launching loker kewirausahaan untuk bisnis kuliner berbasis IoT dan Payment Sistem Qris di Unika Soegijapranata Semarang, Rabu 23 November 2022. (SM/dok)
Tim peneliti dan mahasiswa berfoto bersama saat launching loker kewirausahaan untuk bisnis kuliner berbasis IoT dan Payment Sistem Qris di Unika Soegijapranata Semarang, Rabu 23 November 2022. (SM/dok)


SEMARANG, suaramerdeka.com - Salah satu tim Kedaireka Unika Soegijapranata mendapatkan hibah Matching Fund Kedaireka untuk mengembangkan alat loker kewirausahaan.

Berbasis IoT dan juga Payment System QRIS pada tahun 2022 ini.

Penelitian tersebut beranggotakan Agus Cahyo Nugroho, S. Kom., M.T; Andre Kurniawan Pamudji, S. Kom., M. Ling; Erdhi Widyarto Nugroho, S.T, M.T; Dr. T Brenda Chandrawati, S.T, M.T; Dr. Bernadinus Harnadi, S.T, M.T, dan Fx Hendra Prasetya, S.T, M.T.

Penelitian ini juga menggandeng mitra CV Grintama Blessindo, sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang interior desain.

Baca Juga: Belum Punya STB Seperti Tetangga, Buruan Cek Di Sini Lengkap Caranya Gratis

Salah satu peneliti, Agus Cahyo Nugroho mengatakan pengembangan loker atau alat penyimpanan ini merupakan sebuah inovasi yang muncul atas banyaknya tempat usaha khususnya di bidang kuliner seperti kantin sekolah yang tutup semenjak pandemi Covid-19.

"Inovasi ini memungkinkan untuk meminimalkan kontak fisik yang terjadi selama proses transaksi terjadi, sehingga para pembeli tidak harus khawatir akan terpapar virus," kata Agus Cahyo Nugroho, 23 November 2022.

Ia menjelaskan cara kerja dari loker tersebut adalah para penjual nantinya akan menyimpan barang jualan mereka ke dalam masing-masing pintu loker.

Baca Juga: Sebelum Gempa Bumi Biasanya Hewan Ini Lakukan Hal Tak Terduga, Salah Satunya Kuda yang Meringkik Keras

Kemudian menginputkan barang jualan tersebut kedalam sistem yang telah disediakan. 

Halaman:

Editor: Hendra Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

STIE AMA Salatiga Dijadikan Kampus Berbasis Wirausaha

Senin, 5 Desember 2022 | 22:41 WIB

Manfaatkan Kemasan Produk, Dosen FE USM Bekali UMKM

Sabtu, 3 Desember 2022 | 11:42 WIB
X