SMP Negeri 22 Semarang Lakukan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

- Jumat, 18 November 2022 | 05:40 WIB
Kepala SMP Negeri 22 Semarang memberikan apresiasi kepada siswa dalam Bulan Literasi gerakan Semarang membaca di halaman sekolah (SM/dok)
Kepala SMP Negeri 22 Semarang memberikan apresiasi kepada siswa dalam Bulan Literasi gerakan Semarang membaca di halaman sekolah (SM/dok)


SEMARANG,suaramerdeka.com- Dalam upaya mendidik karakter anak, SMP Negeri 22 Semarang melakukan P5 yaitu Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Kepala SMP Negeri 22 Semarang, Dra. Rini Rusmiasih, M.Pd menerangkan, P5 adalah sebuah kegiatan ekstrakurikuler berbasis proyek

Dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.

Baca Juga: Mantap SMN dan Unnes Makin Bersinergi, Siap Loss Strum

Menurutnya, begitu cepat dan pesatnya perubahan di era saat ini, sehingga siswa perlu menumbuhkambangkan kompetensi dan karakter yang dibutuhkan di abad 21.

Ketrampilan abad 21 cakupannya luas, tidak hanya ketrampilan berpikir kritis dan literasi tetapi juga ketrampilan sosial.

Ketrampilan kognitif bukan yang utama tetapi menjadi komponen pendukung.

Baca Juga: Siap Hadapi Resesi, Ini 8 Budidaya Tanaman yang Bisa Bikin Jadi Jutawan, Salah Satunya Paprika

"Bapak Pendidikan kita Ki Hajar Dewantara menerangkan tentang keseimbangan olah pikir, olah rasa, olah karsa dan olahraga,''

''Keempatnya sama penting dan erat berkaitan. Perlu ditumbuhkan bersama agar siswa bisa berkembang dengan utuh," terangnya, belum lama ini.

Halaman:

Editor: Hendra Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X