Dosen FTI Unissula Berikan Sistem Informasi Jam Sholat Berbasis Raspberry Pi, Tingkatkan Literasi Digital

- Sabtu, 5 November 2022 | 12:56 WIB
Dari kiri ke kanan Badieah ST MKom, Ketua Takmir Masjid Baiturrahim Drs H Abdul Ghofur, dan Ir Budi Pramono Jati MM MT, serta Ir Sri Mulyono MEng. (suaramerdeka.com/dok)
Dari kiri ke kanan Badieah ST MKom, Ketua Takmir Masjid Baiturrahim Drs H Abdul Ghofur, dan Ir Budi Pramono Jati MM MT, serta Ir Sri Mulyono MEng. (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Dosen Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di Masjid Baiturrahim Banyumanik Semarang.

Dosen yang tergabung dalam program pengabdian tersebut yakni Ir Sri Mulyono MEng dan Badie'ah ST MKom dari Teknik Informatika Unissula dan Ir Budi Pramono Jati MM MT dari Teknik Elektro Unissula.

Rangkaian kegiatan diawali dengan perancangan dan pembuatan sistem informasi jam masjid berbasis Raspberry Pi.

Baca Juga: Unissula Rintis Pasar Apung di Brebes

Kegiatan berikutnya perakitan stand bracket, pemasangan display monitor 32 inch serta pelatihan pengoperasian dan konfigurasi sistem informasi jam masjid yang dapat dilakukan dengan smartphone.

Sistem informasi jam masjid tersebut dibangun menggunakan Raspberry Pi 3 model 3B dengan sistem operasi linux dan berbasis web.

Fitur yang ada saat ini antara lain display informasi waktu shalat, running text bisa ditambah dan diganti, gambar atau video latar belakang wallpaper yang juga bisa ditambah dan diganti.

AuBaca Juga: FTI Unissula Selenggarakan Seminar Update Medical Technology 4.0, Jalin Sinergisitas dengan PT Siemens

Kemudian standalone/tidak memerlukan tambahan perangkat jaringan lain serta dapat berkerja secara offline.

"Informasi tersebut digunakan untuk menginformasikan khotib jumat, imbauan untuk ketertiban pelaksanaan ibadah serta pengumuman," kata Mulyono, Minggu 5 November 2022.

Halaman:

Editor: Eko Fataip

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Akademisi UPGRIS Edukasi Pentingnya Pola Asuh Anak

Selasa, 7 Februari 2023 | 13:34 WIB
X